10 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Payudara!
By: Date: 12 Maret 2020 Categories: Informasi Kesehatan,kulit,Kulit dan kecantikan,perawatan alami,Perawatan Kulit

Manfaat bunga echinacea kini semakin dikenal karena bagus untuk kesehatan kulit. Bunga yang juga dikenal dengan nama purple coneflower ini digunakan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi pilek.

manfaat-bunga-echinacea-doktersehat

Selain untuk kecantikan kulit dan pilek, khasiat bunga echinacea tak kalah ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bunga Echinacea?

Echinacea adalah bunga asli Amerika Utara yang digunakan sebagai obat herbal selama lebih dari ratusan tahun oleh suku Indian asal dataran Great Plains. Bunga echinacea digunakan untuk ramuan yang terbuat dari bunga, daun dan akarnya.

Bunga ini menyerupai aster dengan kepala putik yang menonjol dan memiliki mahkota bunga berwarna ungu atau ungu muda.

Echinacea memiliki sembilan jenis, namun hanya tiga yang digunakan untuk pengobatan, di antaranya Echinacea angustifolia (berdaun kecil), Echinacea pallida (berwarna ungu muda), dan echinacea purpurea (berwarna ungu).

Penelitian telah mengaitkan manfaat bunga Echinacea dan senyawanya dengan berbagai khasiat bagi kesehatan, seperti mengurangi peradangan, meningkatkan imunitas dan menurunkan kadar gula darah.

Manfaat Bunga Echinacea

Bunga Echinacea dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, tablet, salep, kapsul, dan ekstrak. Ada banyak manfaat Echinacea untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, berikut di antaranya:

1. Mengatasi Flu

Flu merupakan ketidaknyamanan bagi sebagian orang, tetapi bagi yang lain justru bisa berbahaya. Itu sebabnya dokter menyarankan untuk mendapatkan vaksin flu tahunan. Guna sebagai obat herbal yang dapat membantu kondisi tertentu, ternyata manfaat bunga Echinacea dalam bentuk teh efektif dalam mengurangi intensitas gejala flu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bunga Echinacea bisa mengurangi kemungkinan terkena flu hingga 58 persen dan mengurangi periode hingga satu sampai empat hari. Mengonsumsi Echinacea secara teratur juga dapat membantu vaksin flu agar lebih efektif dalam mencegah penyakit.

2. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Sifat antioksidan dari Echinacea purpurea cukup unik. Sebuah penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa kandungan Echinacea dalam aliran darah dapat membantu menjaga gula darah tidak meningkat jika menderita diabetes atau pradiabetes.

Manfaat bunga Echinacea juga dapat mencegah gula darah berkurang atau hipoglikemik. Ini tentu bukan pengganti terapi insulin atau perawatan diabetes lainnya.

Tetapi meminum teh Echinacea atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen adalah salah satu cara yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

3. Mengurangi Peradangan

Berkata sifat anti-inflamasi yang telah dibuktikan secara klinis, manfaat bunga Echinacea telah disarankan sebagai pengobatan untuk rheumatoid arthritis, maag, penyakit Crohn, dan kondisi lain yang disebabkan atau diperburuk oleh peradangan.

Senyawa aktif pada Echinacea bekerja dalam tubuh untuk menjaga agar respons peradangannya tetap rendah. Ini membantu dalam penyembuhan berbagai masalah yang berhubungan dengan peradangan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain untuk kecantikan kulit, Echinacea juga dikenal karena mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa tanaman ini membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam melawan infeksi dan virus, yang membantu pulih lebih cepat dari penyakit.

Itulah salah satu alasan mengapa tanaman cantik ini sering digunakan untuk mencegah atau mengobati flu biasa.

5. Membantu Pertumbuhan Sel yang Sehat

Obat herbal apa pun atau makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Antioksidan mampu melenyapkan racun (radikal bebas) yang dapat merusak sel-sel sehat secara prematur.

Minum teh Echinacea atau dalam sediaan suplemen yang berkualitas tinggi untuk membantu pertumbuhan sel sehat dalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Selain teh, bunga Echinacea dalam bentuk suplemen berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Ini karena Echinacea memiliki jumlah senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi untuk membantu hipertensi.

Efek dari pengobatan untuk kecemasan juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 9 Manfaat Bunga Matahari dan Nutrisinya Lengkap

7. Mengatasi Kecemasan

Manfaat bunga Echinacea telah diuji sebagai suplemen anti-kecemasan dan terbukti efektif. Ini karena ekstrak bunga Echinacea mengatur sinapsis yang membantu mengirimkan sinyal antara tubuh dan otak.

Meskipun tidak dapat menghilangkan refleks rasa takut yang dialami penderita serangan kecemasan, hal ini dapat mengurangi efek fisik dari ketakutan dan membantu Anda merasa lebih tenang.

Jadi, bunga Echinacea bisa menjadi ramuan yang sangat baik bagi mereka yang berjuang melawan kecemasan.

8. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Manfaat bunga Echinacea juga dapat membantu mengurangi risiko dari berbagai jenis kanker.

Perawatan kanker seperti kemoterapi cenderung melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh beberapa sel sehat dalam tubuh, namun ketika minum teh bunga Echinacea dapat membantu mengatasi beberapa efek samping tersebut.

Echinacea juga telah diteliti sebagai pengobatan untuk kanker payudara. Hasilnya bahwa ekstrak bunga Echinacea dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor jahat dan menghalangi kemampuan kanker untuk menyebar.

Tentu bunga ini cocok sebagai obat pencegahan kanker, terutama bagi orang yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara. Namun, khasiatnya masih memerlukan banyak penelitian lebih lanjut.

9. Melawan Infeksi

Bunga Echinacea juga merupakan obat yang luar biasa untuk mengatasi berbagai infeksi. Menurut National Institutes of Health (NIH), meminum ramuan Echinacea atau mengoleskan obat ini dalam bentuk krim pada kulit dapat menurunkan tingkat infeksi vagina yang berulang hingga 16 persen, dibandingkan hanya minum obat.

Bunga Echinacea juga dikenal dapat membantu beberapa kondisi berikut:

  • Penyakit gusi
  • Infeksi aliran darah
  • Penyakit tifus
  • Malaria
  • Herpes kelamin
  • Sipilis
  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi jamur vagina

10. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat bunga Echinacea selanjutnya bisa membantu merawat berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat.

Menurut sebuah penelitian tabung reaksi, para ilmuwan menemukan bahwa sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam Echinacea dapat menekan pertumbuhan Propionibacterium, salah satu penyebab jerawat.

Sementara dalam penelitian lain pada 10 orang sehat berusia 25 sampai 40 tahun, produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak Echinacea dapat meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi keriput.

Begitupun krim yang mengandung ekstrak Echinacea purpurea yang telah menunjukkan manfaatnya dalam meningkatkan gejala eksim dan membantu melindungi kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Bunga Cempaka (No. 5 Wanita Harus Tahu)

Efek Samping Bunga Echinacea

Meski manfaat bunga Echinacea sangat bagus untuk kesehatan, namun bunga ini dapat menimbulkan beberapa efek samping jika terlalu banyak mengonsumsinya.

Berikut beberapa efek sampingnya:

  • Ruam
  • Kulit gatal
  • Sesak napas
  • Sakit perut
  • Mual
  • Pembengkakan

Dosis dan Cara Mengonsumsi Bunga Echinacea?

Obat dari bunga Echinacea tersedia dalam bentuk teh, ekstrak, tablet, salep, dan kapsul. Jika lebih menyukai pengobatan dalam bentuk teh, Anda bisa menggunakan sebanyak empat gram (dua sendok teh) akar Echinacea kering yang direbus dalam satu gelas air.

Sebagai pencegahan, disarankan minum dua hingga tiga gelas per hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Ketika sudah sakit, minum lima gelas dalam sehari.

Jika menggunakan Echinacea untuk membantu gula darah, tekanan darah, atau kecemasan, gunakanlah satu atau dua cangkir teh per hari.

_

Meski bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun keefektivitasan obat herbal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Perlu diperhatikan pula bahwa pengobatan alami ini sebagian besar hanya mampu meredakan gejalanya saja.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsinya sebagai pencegahan atau pengobatan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang dosis, alergi, atau kondisi medis yang sedang diderita.

  1.  Josh, Axe. 2018. 9 Echinacea Benefits from Colds to Cancer. https://draxe.com/nutrition/echinacea-benefits/. (Diakses 12 maret 2020)
  2. Brazie, Yvette. 2017. Benefits, uses, and side effects of echinacea. https://www.medicalnewstoday.com/articles/252684#how-it-works. (Diakses 12 maret 2020)
  3. Watson, Kathryn. 2017. 7 Benefits of Echinacea Tea. https://www.healthline.com/health/echinacea-tea-benefits. (Diakses 12 maret 2020)
  4. Raman, Ryan. 2018. Echinacea: Benefits, Uses, Side Effects and Dosage. https://www.healthline.com/nutrition/echinacea. (Diakses 12 maret 2020)

Let’s block ads! (Why?)