10 Pilihan Minyak Angin Terbaik untuk Aktivitas Sehari-Hari
By: Date: 30 April 2023 Categories: Gejala dan Kondisi Umum,minyak alami,minyak esensial

Sebagai orang Indonesia, Anda mungkin sudah tidak asing dengan minyak angin. Ini merupakan jenis minyak pengobatan yang banyak digunakan sejak lama. Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat memilih minyak angin terbaik jika Anda ingin menggunakannya.

Pasalnya, tidak semua produk yang beredar sudah terbukti aman digunakan. Untuk membantu Anda menentukan, berikut ini beberapa rekomendasinya.

Cara kami memilih minyak angin terbaik

Istilah minyak angin merujuk pada minyak yang terbuat dari bahan alami dan dipercaya bisa mengatasi kondisi kesehatan tertentu sekaligus sebagai aromaterapi.

Minyak ini umumnya ditujukan untuk penggunaan luar tubuh atau dioleskan pada kulit.

Saat ini, sudah banyak jenis produk yang teruji klinis meski diklaim terbuat dari bahan herbal atau alami. Jadi, penggunaan minyak ini bisa lebih aman dan mengurangi risiko terjadinya efek samping.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa memilih produk yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda.

Dilansir dari Health Sciences Authority Singapore, beberapa pertimbangan untuk menentukan produk yang terbaik, yaitu sebagai berikut.

  • Mengandung bahan-bahan yang aman dan terhindar dari bahan-bahan berbahaya.
  • Terbukti secara klinis dan terdaftar secara resmi.

Dengan mempertimbangkan hal di atas, Anda bisa dengan lebih mudah memastikan produk yang Anda gunakan tidak akan menimbulkan efek samping apapun atau memperparah kondisi Anda.

Rekomendasi minyak angin roll on terbaik

Ada banyak jenis produk dari berbagai merek yang dijual secara bebas. Berikut ini beberapa pilihan merek terbaik dalam sediaan roll on.

1. Tolak Angin Care

Tolak Angin Care adalah minyak aromaterapi yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala masuk angin dari luar, menghangatkan tubuh, dan menghilangkan gatal akibat gigitan serangga.

Dengan sensasi yang menyegarkan, Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk meringankan sakit kepala, perut kembung, dan mabuk perjalanan.

Tolak Angin Care merupakan merek yang dikemas dalam botol roll on agar lebih mudah digunakan dan dibawa bepergian.

Komposisi: menthol, camphor, ginger oil, dan peppermint oil

Nomor Registrasi BPOM: QD142612971

2. VFresh Minyak Angin Roll On Hot

VFresh Minyak Angin Roll On Hot dibuat dengan formulasi khusus terbaik untuk Anda yang suka dengan minyak aromaterapi yang paling panas dan tahan lama dibanding produk sejenis lainnya.

Anda bisa menggunakan produk ini sebagai obat untuk membantu meredakan pusing, mabuk perjalanan, dan gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga.

Sementara itu, sebagai aromaterapi, minyak ini dapat membantu memberikan rasa segar, tenang, dan relaksasi.

Komposisi: menthol, camphor, eucalyptus oil, VBE, dan base ad

Nomor Registrasi BPOM: QD142612271

3. VFresh Minyak Angin Aromatherapy Roll On

Sebagai obat, produk ini diklaim dapat digunakan untuk mengurangi sakit kepala, perut kembung, masuk angin, mabuk perjalanan, dan gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga.

Namun, bukan hanya itu, minyak ini juga bisa digunakan sebagai aromaterapi yang memberikan efek relaksasi serta rasa segar dan tenang.

Dengan kemasan roll on yang menggunakan bahan stainless ball, penggunaan menjadi lebih higienis, bebas macet, dan tidak mudah bocor.

Komposisi: menthol, camphor, eucalyptus, dan base

Nomor Registrasi BPOM: QD102609361

4. FreshCare Minyak Angin Citrus

FreshCare Minyak Angin Citrus adalah merek yang dapat digunakan untuk membantu meredakan kondisi, seperti perut kembung, masuk angin, pusing, dan mabuk perjalanan.

Sesuai kebutuhan, minyak ini dapat dioleskan pada dada, kening, hidung, atau pada bagian tubuh lainnya yang terasa sakit.

Namun, jangan gunakan produk ini pada anak berusia kurang dari 2 tahun.

Komposisi: menthol, camphor, virgin olive oil, essential oil, dan base ad

Nomor Registrasi BPOM: QD202684711

5. Safe Care Minyak Angin

Produk ini merupakan jenis minyak roll on yang diformulasikan dengan aromaterapi yang menyegarkan, menenangkan, dan menambah kenyamanan.

Minyak ini dikatakan dapat membantu meringankan sakit kepala, masuk angin, mabuk perjalanan, dan gatal akibat gigitan serangga.

Untuk menggunakannya, Anda bisa oleskan minyak secukupnya pada bagian yang diperlukan. Hindari penggunaan langsung di bawah hidung.

Minyak ini juga tidak dianjurkan untuk anak dibawah usia 5 tahun.

Komposisi: menthol, camphor, essential oil, menthol, dan essential oil

Nomor Registrasi BPOM: QD173615091

6. Plossa Minyak Angin Aromatherapy Green Kayu Putih

Plossa Minyak Angin Aromatherapy Green Kayu Putih merupakan merek dengan kandungan mentol dan peppermint.

Kegunaan produk ini yaitu untuk meredakan pegal-pegal, sakit kepala, gejala masuk angin, kembung, dan mual.

Minyak ini juga bisa memberikan rasa hangat yang ekstra pada kulit, sehingga cocok digunakan sebagai aromaterapi. Minyak ini juga dilengkapi dengan fitur aroma khas kayu putih (eucalyptus) yang menyegarkan.

Untuk penggunaannya, minyak ini dilengkapi dengan fitur serbaguna, yaitu sebagai berikut.

  • Roll on: dioleskan dileher dan pelipis untuk meredakan sakit kepala.
  • Inhaler: melegakan hidung tersumbat akibat flu.
  • Kerokan: meredakan gejala masuk angin.

Komposisi: eucalyptus oil, campor, peppermint oil, dan menthol

Nomor Registrasi BPOM: QD171615321

Rekomendasi minyak angin oles terbaik

Jika Anda lebih suka menggunakan minyak oles, berikut pilihan yang bisa dicoba.

7. Minyak Angin Cap Kapak

Minyak Angin Cap Kapak merupakan merek yang diklaim efektif untuk membantu meredakan berbagai kondisi, seperti sakit kepala, mabuk perjalanan, pilek, keseleo, terkilir, dan nyeri akibat encok.

Cara pakainya yaitu gosokkan secukupnya pada dada, hidung, kening, atau pada bagian yang sakit lainnya. Namun, hindari kontak dengan mata.

Minyak ini juga tidak disarankan untuk digunakan pada anak di bawah usia 2 tahun.

Komposisi: base 10, menthol crystals, methyl salicylate, eucalyptus oil, champor, dan essential oil

Nomor Registrasi BPOM: QL192600061

8. Minyak Angin Jahe

Bagi Anda yang menyukai aroma jahe, produk ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Merek ini disebut berfungsi untuk membantu meredakan berbagai macam kondisi, seperti pusing, sakit kepala, hidung tersumbat, perut kembung, mabuk perjalanan, keseleo, pegal-pegal, hingga gatal akibat gigitan serangga.

Anda bisa mengoleskan produk ini pada bagian tubuh yang diinginkan. Namun, minyak hanya untuk pemakaian luar dan hindari area luka, mata dan bibir.

Komposisi: –

Nomor Registrasi BPOM: QD141612941

9. Polar Bear Brand Minyak Angin

Polar Bear Brand Minyak Angin diklaim terbuat dari bahan-bahan alami terbaik.

Bahan-bahan tersebut memiliki manfaat untuk meredakan sakit flu, masuk angin, sakit kepala, hidung tersumbat, mabuk perjalanan, sesak napas, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Gunakan produk ini secukupnya dengan cara dioleskan pada kening, dada, hidung, atau bagian tubuh lainnya 3—4 kali sehari.

Minyak ini tidak disarankan untuk digunakan pada kulit anak di bawah usia 2 tahun.

Komposisi: menthol crystals (OL. eucalyptus), peppermint oil (OL. menthae), dan natural camphor (camphora)

Nomor Registrasi BPOM: QD082607871

10. Cap Gobang Minyak Angin

Minyak Angin Cap Gobang disebut terbuat dari kandungan bahan alami yang dapat membantu meredakan sakit kepala, mabuk perjalanan, hidung tersumbat, terkilir, dan nyeri karena encok.

Anda bisa oleskan minyak secukupnya ke bagian tubuh yang diperlukan. Namun, jangan gunakan pada bagian tubuh yang terluka dan hindari bagian bawah lubang hidung.

Komposisi: menthol, eucalyptus oil, camphor, methyl salycilate, essential oil, dan base ad

Nomor Registrasi BPOM: QD175615411

Dari pilihan-pilihan di atas, Anda bisa menentukan produk terbaik dengan lebih mudah. Agar lebih aman, ingat selalu untuk membaca aturan pakai pada kemasan sebelum menggunakannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/sehat/gejala-umum/rekomendasi-minyak-angin-terbaik/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss