11 Makanan Ini Bantu Detoksifikasi Tubuh
By: Date: 31 Maret 2021 Categories: Info Sehat
Meski tubuh bisa melakukan detoksifikasi alami, ada kalanya butuh bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tubuh secara alami melakukan detoksifikasi sepanjang waktu. Anda memiliki banyak sistem detoksifikasi, termasuk kulit, kelenjar getah bening, otak, ginjal, dan hati. Meskipun detoksifikasi terjadi secara alami, ada kalanya Anda butuh bantuan untuk mendorong tubuh membuang racun di jaringan dan sel tubuh.

Pasalnya, banyak dari racun itu menunjukkan efek berbahaya, termasuk efek kanker, reproduksi, metabolisme, dan kesehatan mental. Salah satu tanda sistem detoksifikasi butuh bantuan, yaitu, mengalami masalah pencernaan, sakit kepala, masalah kulit, perubahan suasana hati, kabut otak, mual, dan kelelahan.

Dilansir Eat This, Not That! pada Rabu (31/3), berikut makanan yang membantu mendukung sistem pembersihan bawaan dalam tubuh.

1. Artichoke
Ahli herbal medis terkemuka Daniela Turley, pendiri Urban Healing mencatat, artichoke merangsang fungsi hati, sehingga bersifat hepatoprotektif dan meningkatkan produksi empedu. Ekstrak daun artichoke adalah obat terdaftar di Eropa. Turley mengatakan teh daun artichoke adalah cara mudah memasukkan manfaatnya ke dalam tubuh.

2. Lemon
Dalam Ayurveda, menyesap air lemon hangat di pagi hari membantu memicu “agni”, atau api pencernaan Anda. Lemon juga merupakan sumber vitamin C baik, yang membantu tubuh melindungi diri dari radikal bebas.

3. Jahe
Jahe adalah pengobatan kuno untuk kesehatan pencernaan. “Senyawa yang paling aktif secara farmakologis dalam jahe disebut gingerol, yang berdampak baik pada saluran pencernaan,” kata ahli diet terdaftar, Ali Webster.

Tingkat antioksidan tinggi jahe juga membantu fungsi ginjal, membantu dalam proses detoksifikasi. Seorang ahli gizi klinis, Josh Axe merekomendasikan minuman detoksifikasi yang mengandung jus lemon, cuka sari apel, kayu manis, jahe, dan cabai rawit.

4. Mentimun
Mentimun tidak hanya dikemas dengan sejumlah besar vitamin dan nutrisi, tetapi juga mengandung sekitar 96 persen air. Karena dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, mentimun membantu mendukung keteraturan dengan kandungan airnya yang tinggi dan kadar pektin (serat larut).

Let’s block ads! (Why?)