7 Kondisi yang Membuat Gairah Seksual Wanita Turun
By: Date: 28 November 2019 Categories: Informasi Kesehatan,penurunan gairah seks,Seksualitas
gairah-seks-wanita-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbeda dengan pria yang cenderung memiliki gairah seksual yang besar, wanita tidak selalu bergairah dalam seks setiap saat. Walaupun memiliki gairah seks atau libido, jangka waktunya tidak akan lama. Terlebih wanita yang masalah pada mood atau suasana hatinya, libido bisa lenyap dengan mudah begitu saja.

Penyebab Libido Wanita Anjlok

Nah, karena dalam seks, kenikmatan dua belah pihak itu adalah yang penting, ada baiknya pria lebih mengetahui apa saja yang bisa membuat wanita jadi tidak mood bercinta. Dengan mengetahui ini pria bisa menjaga diri dan mempertahankan libido pasangannya atau membantu pasangan agar selalu bergairah.

Berikut beberapa pemicu penurunan gairah seks yang terjadi pada wanita.

  1. Memiliki Masalah dengan Body Image

Wanita memiliki masalah dengan body image. Akibat kondisi ini mereka tidak percaya diri di depan pasangannya. Misal wanita takut kalau sampai perutnya yang buncit dilihat oleh pasangan. Selain itu, wanita juga takut kalau pria tidak suka dengan ukuran dari payudaranya yang terlalu kecil.

Sebenarnya wanita tidak perlu memusingkan masalah body image ini. Tidak semua pria memusingkan masalah fisik dari pasangan. Jadi, wanita tidak perlu khawatir hingga saat melakukan seks lampu kamar harus dimatikan terlebih dahulu.

  1. Memiliki Trauma yang Kuat

Wanita yang memiliki trauma karena kekerasan seks yang dialaminya di masa lalu. Misal wanita akan merasa takut saat disentuh area leher karena mengingatkannya dengan kejadian di masa lalu. Kalau kejadian di masa lalu sudah timbul kembali, mood untuk melakukan seks akan hilang begitu saja.

  1. Level Testosteron Sangat Rendah

Anda tidak salah membaca, wanita juga membutuhkan testosteron di dalam tubuhnya. Meski jumlah hormon ini tidak banyak, kehadirannya bisa menaikkan libido pada wanita sehingga mereka mau melakukan seks dengan pasangan tanpa merasa sedang dipaksa.

Cara terbaik untuk menaikkan kadar hormon ini adalah dengan mengonsumsi daging merah atau tiram. Selain itu memperbanyak makanan pedas juga bisa menyebabkan wanita memiliki dorongan seksual yang tinggi.

  1. Aktivitas Seks yang Selalu Terasa Sakit

Seks yang sakit membuat wanita enggan mengulanginya. Rasa sakit ini biasanya terjadi karena pasangan kurang bisa melakukan pemanasan dengan baik atau ada masalah dengan dalam dari reproduksi wanita.

Penyakit seperti endometriosis dan juga mioma bisa membuat seks selalu terasa sakit. Bahkan, kalau sudah parah bisa memicu terjadinya perdarahan.

  1. Mengalami Stres Berlebihan

Stres yang berlebihan karena banyak hal seperti pekerjaan juga menyebabkan wanita mengalami masalah dengan libidonya. Stres yang muncul bisa menyebabkan wanita susah tidur, jarang makan, energi menurun, dan kurang bisa konsentrasi saat melakukan banyak hal termasuk seks.

6 Sedang Ada Masalah dengan Pasangan

Memiliki masalah dengan pasangan dan terjadi pertengkaran mungkin membuat wanita malas melakukan seks. Bahkan untuk sekadar berbicara saja wanita sudah enggan melakukannya. Kalau kondisi ini terus berjalan, pembicaraan intens harus dilakukan agar masalah segera usai.

Memendam masalah hanya akan membuat mood semakin buruk. Bahkan Anda bisa marah-marah dengan pasangan setiap saat. Akhirnya seks tidak akan dilakukan atau kalaupun dilakukan tidak akan maksimal

  1. Tidak Percaya Diri dengan Dirinya

Seks yang benar harus dijalani dengan konsensus atau kesepakatan bersama. Tanpa kesepakatan bersama, seks akan berjalan satu arah saja. Bahkan, seks bisa saja terjadi dengan paksaan karena pihak wanita tidak mau melakukannya.

Kondisi ini biasanya terjadi karena menurunnya rasa percaya dengan pasangan. Kecurigaan yang besar terhadap pasangan juga menyebabkan wanita malas melakukan seks dengan suaminya. Hindari gesekan yang tidak perlu dan perbanyak melakukan komunikasi yang intens.

Cara Meningkatkan Libido secara Aman

Libido wanita memang bisa mengalami penurunan. Namun, bisa ditingkatkan lagi dengan baik dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Mulai melakukan olahraga secara rutin. Disadari atau tidak kalau tubuh yang pasif dan memiliki cukup banyak cadangan lemak di tubuh bisa menyebabkan penurunan gairah seksual dengan cepat. Oleh karena itu segera mungkin turunkan lemak di tubuh kalau mengalami obesitas.
  • Segera atasi stres yang dialami oleh tubuh. Kalau seseorang mengalami stres yang berlebihan, mood untuk melakukan seks akan semakin habis. Kondisi ini juga berlaku pada pria.
  • Kalau ada masalah dengan seks khususnya hal yang sangat substansial, jangan hanya diam saja. Akan lebih baik kalau didiskusikan dengan pasangan. Kalau Anda bisa melakukannya, kalian berdua bisa semakin akrab.
  • Perbaiki kualitas tidur. Anda bisa memulainya dengan tidur lebih awal setiap harinya dan di jam yang sama. Biasakan tubuh untuk mengikuti jadwal tidur yang baru agar kualitas dan kuantitasnya meningkat.
  • Konsumsi makanan yang bisa meningkatkan libido secara alami. Jangan mengonsumsi obat atau apapun itu yang memberikan efek instan, tapi ada efek sampingnya.
  • Sesekali lakukan pelesir dengan pasangan. Dengan melakukan pelesir, pikiran akan jadi lebih tenang sehingga mood dan gairah untuk seks semakin tinggi.

Dari tujuh masalah yang bisa menurunkan libido dari wanita dengan signifikan di atas, mana saja yang sering terjadi pada pasangan? Semoga setelah mengetahui hal di atas Anda dan pasangan bisa melakukan berbagai hal agar seks bisa dilakukan dengan antusias.

Sumber:

  1. Klepchukova, Anna. 2019. 5 Common Reasons for Low Sex Drive. https://flo.health/menstrual-cycle/sex/pleasure/reasons-for-low-sex-drive. (Diakses pada 28 November 2019)
  2. Nall, Rachel. 2017. Low Sex Drive in Women: Symptoms, Diagnosis, and Treatment. https://www.healthline.com/health/treating-hsdd/symptoms-diagnosis-treatment. (Diakses pada 28 November 2019)
  3. Winderl, Amy Marturana. 2016. 9 Sneaky Things That Might Be Killing Your Sex Drive. https://www.self.com/story/low-sex-drive-in-women-causes?verso=true. (Diakses pada 28 November 2019)
  4. Targonskaya, Anna. 2019. 9 Safe Ways to Increase Female Libido. https://flo.health/menstrual-cycle/sex/sexual-health/how-to-increase-female-libido. (Diakses pada 28 November 2019)

Let’s block ads! (Why?)