9 Manfaat Goji Berry, Mengatasi Infeksi hingga Disfungsi Ereksi
By: Date: 27 Februari 2020 Categories: goji berry,Informasi Kesehatan,Kesehatan Umum

Goji beri adalah buah yang berasal dari Cina, Mongolia, dan Pegunungan Himalaya. Buah yang memiliki nama latin Lycium barbarum ini memiliki kandungan vitamin C, zeaxanthin, lutein, betaine, dan senyawa yang dikenal sebagai Lycium barbarum polysaccharides. Apa saja manfaat goji berry yang bisa didapatkan tubuh? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

manfaat-goji-berry-doktersehat

Kandungan Goji Berry

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat goji berry, hal penting yang harus diketahui adalah kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan lain yang ada di dalam buah ini antara lain:

  • Serat
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Zinc
  • Antioksidan.

Selain itu, buah ini mengandung semua delapan asam amino esensial. Dalam sajian satu porsi (28 gram), buah ini menyediakan hampir 10 persen kebutuhan protein harian. Dengan kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat kompleks, buah ini dapat membuat gula darah naik lebih lambat.

Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan buah yang memiliki rasa asam manis ini, Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Buah yang memiliki tekstur mirip dengan kismis ini bisa dikonsumsi dalam bentuk kering, mentah, atau dimasak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat goji berry yang bisa didapatkan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat goji berry yang pertama adalah kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan beberapa vitamin di dalamnya. Sebuah penelitian mengungkapkan, goji berry membantu meningkatkan efektivitas vaksinasi flu. Vaksin flu tidak selalu memberikan perlindungan yang memadai terhadap virus.

Meski manfaat goji berry bisa mencegah infeksi, namun hal penting yang perlu dipahami adalah goji berry bukan pengganti perlindungan terhadap flu. Pastikan Anda dan anggota keluarga mendapatkan vaksin flu setiap tahun.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat goji berry berikutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Hal itu dikarenakan kandungan Lycium barbarum polysaccharides (zat yang ditemukan untuk menangkal stres oksidatif), zeaxanthin, dan lutein—yang disebut karotenoid membentuk ‘macular pigment‘ di area mata yang disebut makula.

Macular pigment diyakini penting untuk penglihatan karena kemampuannya menyerap cahaya biru. Cahaya biru dipancarkan oleh sinar matahari dan perangkat elektronik dapat merusak sel yang peka terhadap cahaya. Sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Ophthalmology menemukan bahwa goji berry dapat meningkatkan fungsi visual dan kepadatan optik macular pigment.

3. Mencegah Munculnya Sel Kanker

Salah satu zat aktif dari goji beri yang sangat diunggulkan adalah antioksidan yang sangat besar baik dalam bentuk vitamin, zeaxanthin, dan karoten. Antioksidan memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh.

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Drug Design, Development and Therapy, manfaat goji berry yaitu menghambat pertumbuhan tumor dan meningkatkan efektivitas perawatan kanker. Meski begitu, penelitian ini baru dilakukan pada tikus.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Goji beri juga mengandung cukup banyak beta-karoten di setiap buahnya. Nutrisi yang juga terkandung di wortel ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah terjadinya infeksi, mencegah munculnya inflamasi yang berlebihan, melindungi kulit dari sengatan matahari, dan membuat kulit tetap sehat meski usia terus bertambah.

5. Membantu Penanganan Depresi dan Kecemasan

Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang rutin mengonsumsi jus goji berry selama 14 hari dilaporkan mengalami peningkatan energi, kemampuan untuk fokus, peningkatan kinerja atletik, ketajaman mental, dan perasaan tenang. Selain itu, studi ini juga menunjukkan peningkatan kualitas tidur pada mereka yang mengonsumsi jus goji berry.

6. Mengontrol Gula Darah

Manfaat goji berry berikutnya berguna bagi Anda yang memiliki diabetes. Hal itu dikarenakan buah ini:

  • Berpotensi menurunkan gula darah.
  • Meningkatkan toleransi gula.
  • Mengurangi resistensi insulin.
  • Memperbaiki dan memulihkan sel-sel yang membantu memproduksi insulin.

Jangan lupa konsultasi dengan dokter sebelum mulai menambahkan goji berry ke dalam diet, terutama jika Anda menggunakan obat-obatan untuk mengelola gula darah. Jika Anda mulai memakannya secara teratur, Anda mungkin harus memeriksa gula darah lebih sering.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi, membuat goji berry dipercaya dapat membantu Anda yang sedang menjalankan penurunan berat badan. Konsumsi buah ini mencegah Anda untuk makan terlalu banyak. Tambahkanlah goji berry dalam yoghurt atau salad dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan kismis.

Buah ini menjadi pilihan menu rendah kalori dan rendah gula yang sempurna dibanding buah-buahan kering lainnya. Satu porsi (28 gram) goji berry mengandung sekitar 100 kalori.

8. Mencegah Kerusakan Hati

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa goji berry dapat membantu mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak yang disebabkan oleh alkohol. Sementara penelitian pada sel kanker hati manusia menemukan bahwa goji berry dapat menghambat pertumbuhan tumor.

9. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat goji berry yang satu ini jarang disadari. Padahal sebuah studi mengungkapkan, goji berry secara signifikan bisa:

  • Meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma.
  • Peningkatan kemampuan seksual.
  • Peningkatan pemulihan kadar testosteron.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat goji berry dapat menjadi alternatif mengatasi disfungsi ereksi, seperti viagra.

Nah, itulah berbagai manfaat goji berry yang bisa Anda dapatkan. Meski banyak manfaat yang bisa didapatkan, perlu diketahui bahwa sebagian besar penelitian masih dilakukan pada hewan, sehingga penelitian lanjutan pada manusia masih diperlukan.

  1. Carey, Elea. Ana Gotter. 2019. 8 Healthy Facts About the Goji Berry. https://www.healthline.com/health/goji-berry-facts. (Diakses pada 27 Februari 2020).
  2. Barhum, Lana. 2018. What are the health benefits of goji berries?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322693#seven-scientifically-proven-benefits. (Diakses pada 27 Februari 2020).
  3. Wong, Cathy. 2020. The Health Benefits of Goji Berry. https://www.verywellfit.com/can-goji-berries-improve-your-health-89054. (Diakses pada 27 Februari 2020).

Let’s block ads! (Why?)