Bukan Varian Baru, Virus Corona yang Masuk RI dari Kongo Ternyata B117 – detikHealth
By: Date: 7 Mei 2021 Categories: kesehatan

Jakarta

Sempat disebut Varian Congo, kasus COVID-19 di Jawa Timur ternyata adalah varian Inggris B117. Disebut varian mutasi Corona dari Kongo, lantaran seorang warga negara Indonesia (WNI) terinfeksi usai melakukan perjalanan dinas ke wilayah Afrika Selatan tersebut.

“Kami temukan satu yang terpapar mutasi baru,” ujar Kadinkes Jatim, dr Herlin Ferliana, di Surabaya, Kamis (6/5/2021).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) dr Siti Nadia Tarmizi meluruskan, pasien Corona yang terpapar sepulang dari Kongo terinfeksi mutasi Corona B117.

“Pasien tersebut terinfeksi varian Corona B117,” demikian konfirmasi dr Nadia kepada detikcom Jumat (7/5/2021).

Meski begitu, Kadinkes Jatim mengklaim kondisi pasien tersebut sudah negatif COVID-19 dan berdasarkan hasil tracing, tak ada penularan Corona yang terjadi dari pasien B117 Jatim. Seperti diketahui, Corona B117 termasuk variant of concern (VOC) organisasi kesehatan dunia (WHO) yang diwaspadai dunia.

dr Nadia menjelaskan, Corona B117 berpotensi memicu penularan COVID-19 ke banyak orang. Karakteristik virus Corona B117 juga disebutnya bisa memperparah gejala COVID-19.

Corona B117 menyebabkan penularan yang lebih cepat artinya berpotensi menjadi superspreader, mempengaruhi tingkat keparahan penyakit, gejala orang yang terinfeksi dari tingkat ringan ke parah, dan berujung pada kematian,” jelas dr Nadia.

Simak Video “WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)