Apa Itu Anxiety Disorder? Kenali Gejala dan Pengobatannya – Mitra Keluarga
By: Date: 4 Oktober 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,healthy tips,Info Sehat,Informasi Kesehatan,kesehatan,Kesehatan Umum,Tips Sehat

Sahabat MIKA pasti pernah merasa cemas dan takut saat ingin memulai aktivitas yang belum pernah dialami, seperti interview di tempat bekerja yang Anda lamar, atau saat ingin berpidato di atas panggung. 

Perasaan tersebut sebenarnya normal terjadi. Akan tetapi, jika ketakutan itu terus menghantui Anda hingga mengganggu aktivitas harian dalam waktu lebih dari 6 bulan, bisa jadi Anda mengalami anxiety disorder

Apa itu anxiety disorder? Sahabat MIKA, yuk simak artikel berikut ini!

Anxiety disorder, gangguan mental dengan rasa cemas berlebih

Anxiety disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan rasa cemas dan takut berlebih. Hal tersebut membuat Anda menjadi tidak semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk hobi yang biasa digemari. 

Lebih lanjut, rasa cemas ini akan berlangsung intens dalam jangka waktu yang panjang. Seringkali dengan ketakutan ini membuat penderitanya cepat lemas secara fisik. 

WHO menyatakan jika terdapat  301 juta orang memiliki gangguan mental ini di dunia, dimana 58 juta penderita anxiety disorder adalah anak-anak dan remaja. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, gangguan kecemasan berada di peringkat 2 dari 10 penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dari tahun 1990-an sampai 2017. 

Gejala anxiety disorder 

gejala-anxiety-disorder

Gejala awal anxiety disorder yang dirasakan penderitanya adalah perasaan gugup hingga jantung berdegup kencang. Kemudian, tubuh dan pikiran Anda sulit untuk mengendalikan emosi saat menghadapi suatu objek. Ketakutan dan kekhawatiran itu bisa membuat Anda untuk memiliki serangan panik (panic attack).

Berikut adalah gejala umum dari anxiety disorder:

  • Kecemasan yang sulit dikontrol.
  • Gelisah dan panik.
  • Kelelahan, akan tetapi sulit tidur.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Mudah marah dan terpancing emosi.
  • Rasa sakit dan nyeri pada tubuh.
  • Otot tegang, mual, mulut kering.
  • Tangan dan kaki kesemutan serta berkeringat. 
  • Memikirkan dan melakukan perenungan tiada henti.

 

Baca juga: Mengenal Gejala Depresi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab anxiety disorder 

Gangguan mental yang berdampak pada kekhawatiran berlebih ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti berikut:

  • Genetik yang diturunkan dari keluarga. 
  • Hormon yang terlepas dalam otak, sehingga meningkatkan denyut nadi dan pernapasan.
  • Lingkungan yang memicu stres dan membuat ketakutan, seperti lokasi dimana terjadi pelecehan, kekerasan, kematian.
  • Penyalahgunaan obat-obatan.
  • Mengkonsumsi kafein yang berdampak pada kerja jantung.
  • Kondisi medis yang tidak stabil, seperti pada organ jantung, paru-paru, tiroid

Para peneliti menyimpulkan jika penyebab gangguan kecemasan berasal dari otak yang membentuk respon rasa takut melalui ingatan dan memori dari objek yang pernah dirasakan.

Bagaimana diagnosis anxiety disorder?

Untuk mendeteksi gangguan mental ini, Anda perlu melakukan lebih dari sekali konsultasi dengan psikolog atau psikiater (Dokter spesialis jiwa). Dalam sesi konseling dilakukan beberapa tes psikologis dalam bentuk kuesioner, pemeriksaan fisik, dan tes kesehatan mental. 

Meskipun dokter kejiwaan ingin mengetahui kondisi mental pasien, pemeriksaan fisik seperti tes darah maupun tes urin bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang gejala yang berkaitan dengan masalah kejiwaan. 

Tiga macam pengobatan anxiety disorder

pengobatan-anxiety-disorder-konsultasi-psikolog

Pasien anxiety disorder bisa sembuh dengan pengobatan yang rutin dan konsisten. Untuk itu, terdapat tiga macam pengobatan untuk penyembuhan gangguan kecemasan ini:

1. Psikoterapi

Psikoterapi adalah langkah penyembuhan berupa konseling rutin ke psikolog atau psikiater, agar pasien dapat mengelola emosinya dalam kehidupan sehari-hari dari kecemasan berlebih. 

Pengobatan ini terdiri dari cognitive behavioral therapy (CBT) dan exposure therapy. 

a. Cognitive behavioral therapy (CBT), yaitu terapi untuk pasien gangguan kecemasan agar mereka dapat mengenal dan  mengendalikan pola pikir serta perilaku yang mengarah pada ketakutan berlebih.

b. Exposure therapy, yaitu terapi berupa aktivitas dan kegiatan tertentu yang disesuaikan dengan ketakutan pasien, agar penderita gangguan kecemasan mampu beradaptasi di sebuah lingkungan tanpa rasa khawatir. Model terapi ini cocok untuk gangguan lebih lanjut seperti fobia dan post-traumatic stress disorder (PTSD).

2. Terapi pendukung

Pengobatan alternatif ini berfungsi untuk mengelola stres dan mengobati kecemasan. Aktivitas pendukungnya adalah yoga, meditasi, hingga membuat strategi untuk hidup secara mindfulness. 

3. Pengobatan medis

Obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter spesialis jiwa bukan terfokus untuk penyembuhan anxiety disorder, tetapi untuk memperbaiki gejalanya. Obat-obatan yang biasa digunakan adalah sebagai berikut benzodiazepine, anti depresan, dan beta blocker. Beta blocker berfungsi untuk meredakan debar jantung berlebih yang menyebabkan gangguan pada kondisi fisik seseorang. Namun, penggunaan obat-obatan dalam anxiety disorder harus sesuai resep dokter.

 

Baca juga: Gagal Jantung: Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Diagnosanya

 

Pencegahan anxiety disorder agar tidak semakin parah

mencegah-anxiety-disorder

Kecemasan yang Anda miliki dapat mengganggu keseharian jika tidak dicegah dengan pola hidup yang sehat. Maka dari itu, cara ini bisa dilakukan untuk menjaga mental Anda agar aman dari rasa cemas. 

  1. Tidur cukup.
  2. Aktif berolahraga.
  3. Melakukan meditasi untuk melatih pernapasan dan mengendalikan emosi.
  4. Mengatur pola makan sehat.
  5. Menghindari rokok dan alkohol.
  6. Membatasi jumlah konsumsi kafein, seperti kopi dan teh.
  7. Bergabung ke komunitas dengan kegiatan yang disukai. Selain melakukan hobi, Anda juga bisa bersosialisasi.
  8. Melakukan sesi konseling jika perlu kepada psikolog. Jika lebih parah dan membutuhkan pengobatan, sesi konseling diarahkan melalui psikiater.

 

Jika Sahabat MIKA membutuhkan bantuan profesional untuk mengukur seberapa besar kecemasan yang Anda miliki dan kesehatan mental lainnya, konsultasikan dengan psikolog atau dokter spesialis jiwa Rumah Sakit Mitra Keluarga cabang Jabodetabek, Surabaya, dan Tegal dengan buat janji konsultasi terlebih dulu, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk selalu sehat dan bahagia.

Mitra Keluarga

Life. Love. Laughter.

 

Artikel ini ditinjau oleh dr. Mario Mahendra 

Sumber:

Pusat Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. [daring]. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/InfoDatin-Kesehatan-Jiwa.pdf

Healthline. 2022. Everything You Need to Know About Anxiety. [daring].

https://www.healthline.com/health/anxiety#anxiety-and-depression

Cleveland Clinic. 2020. Anxiety Disorders. [daring].

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9536-anxiety-disorders

World Health Organization. 2022. Mental disorders. [daring].

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-disorders

WebMD. 2022. Anxiety Disorders. [daring].

https://www.webmd.com/anxiety-panic/guide/anxiety-disorders

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *