Apa Itu Mycoplasma Pneumoniae? Penyebab Lonjakan Wabah Misterius di China
By: Date: 6 Desember 2023 Categories: pneumonia

Suara.com – Penemuan bakteri bernama Mycoplasma pneumoniae belakangan ini tengah menjadi perbincangan masyarakat lantaran diduga jadi pemicu lonjakan wabah misterius yang menyerang anak-anak di China. Lantas, sebenarnya apa itu Mycoplasma Pneumoniae? 

China pada tanggal 13 November lalu, melaporkan terjadinya lonjakan kasus pneumonia pada anak. Meningkatnya kasus ini bahkan sudah menyebabkan antrean panjang dan waktu tunggu yang begitu melelahkan di sejumlah rumah sakit anak di kota-kota seperti Beijing, Tianjin, hingga Liaoning. 

Melansir dari CNA, Komisi Kesehatan Nasional mengklaim peningkatan terhadap infeksi ini diimbangi dengan peredaran patogen yang ditemukan, terutama pada kasus influenza, rhinovirus, virus pernapasan syncytial (RSV), adenovirus,  pneumonia mikoplasma serta COVID-19. 

Menurut beberapa laporan kasus infeksi bakteri Mycoplasma Pneumoniae juga sudah ditemukan di Jakarta. Laporan kasus itu diketahui berdasarkan pada hasil tes PCR.

Walau demikian, belum ada rincian pasti tentang total jumlah dan lokasi penyebaran kasus pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma ini. 

Apa Itu Mycoplasma Pneumoniae? 

Jika diteliti lebih lanjut, pada dasarnya, fenomena penyakit yang disebabkan olej bakteri ini tak berbeda jauh dengan pneumonia pada umumnya, termasuk juga gejala yang dialaminya. 

Perihal apa itu Mycoplasma Pneumoniae, melansir dari CDC, merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi ringan terhadap sistem pernapasan seseorang.

Meski begitu, ada saatnya bakteri Pneumoniae ini juga bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang serius sehingga harus membutuhkan perawatan di rumah sakit. 

Ketika seseorang yang terbukto terinfeksi bakteri ini mengalami batuk atau bersin, maka kemungkinan besar mereka juga bisa menularkan penyakit kepada orang di sekitar melalui droplet.

Bahkan dalam beberapa kasus, bakteri ini kerap kali menyebar dari orang-orang yang tinggal serumah lantaran sering menghabiskan waktunya bersama. 

Gejala Infeksi Bakteri Mycoplasma Pneumoniae 

Ketua Unit Kerja Koordinasi Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Rina Triasih menjelaskan, gejala infeksi pneumonia akibat bakteri Mycoplasma hampir serupa dengan gejala pneumonia lainnua. Akan tetapi, gejalanya dengan intensitas yang lebih ringan. 

“Gejala pneumonia akibat Mycoplasma pneumonia sama seperti gejala pneumonia pada umumnya, dan biasanya gejalanya lebih ringan,” kata Rina, Senin (4/12), mengutip CNN Indonesia. 

Adapun, berikut beberapa gejala pneumonia pada umumnya: 

1.  Batuk yang tak kunjung hilang 

2. Demam, 

3. Nyeri dada, 

4. Kelelahan, 

5. Sesak napas. 

Sementara pada anak-anak, umumnya gejala akan berkisar dari bersin-bersin, hidung tersumbat, sampai batuk. Akan tetapi, gejala ini dapat semakin parah apabila si anak juga mengalami alergi maupun asma dan memiliki daya tahan tubuh yang begitu lemah. Bahkan dalam kasus yang lebih parah, anak dapat mengalami sesak napas. 

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu mycoplasma pneumoniae. Untuk mengurangi risiko terinfeksi bakteri ini, penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan dan makanan yang sehat.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

https://www.suara.com/health/2023/12/06/142029/apa-itu-mycoplasma-pneumoniae-penyebab-lonjakan-wabah-misterius-di-china