Apakah Akupuntur Bukan Pengobatan Alternatif ? – SuaraDeli
By: Date: 29 September 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,healthy tips,Info Sehat,Informasi Kesehatan,kesehatan,Kesehatan Umum,Tips Sehat

Sebagian dari Anda mungkin bertanya, apakah akupuntur bukan pengobatan alternatif ? Di Indonesia, pengobatan alternatif tumbuh dengan pesatnya. Akan tetapi banyak dari jenis pengobatan tersebut belum teruji dan diakui dalam dunia medis.

Akupuntur, di Indonesia sendiri, masih kerap dikelompokkan sebagai pengobatan alternatif. Namun, pendapat umum tersebut dikoreksi oleh Ahli Akupuntur asal Medan, dokter Jimi Wihono.

Dilansir dari YakinSehat.id, menurut dokter Jimi, terapi akupuntur bukan lagi termasuk dalam kategori pengobatan alternatif.

“Bukan alternatif, melainkan komplimenter atau pelengkap,” ujar dokter Jim kepada awak media belum lama ini.

Baca Juga:Pabrik Keramik di Bekasi Kena Sanksi Usai Terbukti Lakukan Pencemaran

Apakah Akupuntur Bukan Pengobatan Alternatif ?

Dia mengatakan, akupuntur sudah diakui di dunia dan di Indonesia. “Direktur jenderal World Health Organisation (WHO), Margaret Chan, menyatakan strategi pengobatan herbal tradisional di daerah pedesaan terutama di Negara berkembang akan terus menjadi strategi dan perhatian serius WHO hingga tahun 2023.”

Sementara di Indonesia, akupunktur merupakan salah satu metode pengobatan yang telah diakui di dunia medis. Sesuai dengan Permenkes no 1186/Menkes/Per/XI/1996 tentang Pemanfaatan Akupunktur di Sarana Pelayanan Kesehatan.

“Itu sebabnya di sejumlah Rumah Sakit, termasuk di Medan, sudah menyediakan fasilitas layanan akupuntur. Sebagai pelengkap dalam pengobatan medis bagi pasien,” terang akupunturis tersebut.

Dahulu, terapi akupuntur atau Acupuncture  memang hanya dikenal di dunia pengobatan timur. Tetapi kini, pengobatan barat pun sudah mulai mengadopsinya berlandaskan ilmu biomedik dan evidence-based medicine yang sekarang dikenal sebagai Akupunktur Medik.

Baca Juga:Wings Air PK-WHZ Gagal Mendarat di Bandara Cut Nyak Dhien Akibat Cuaca Buruk

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah merekomendasikan acupunture sebagai bagian dari upaya kesehatan. Dan di Indonesia sendiri beberapa Rumah Sakit juga sudah tersedia Dokter Spesialis sebagai penunjang dalam sistem kesehatan nasional.

Akupuntur lebih dikenal sebagai self-healing karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dengan sistem imun yang baik diharapkan segala penyakit akan hilang.

Secara mendasar akupuntur dilakukan dengan memasukkan jarum halus pada permukaan tubuh, dengan tujuan untuk mempengaruhi fungsi fisiologis tubuh dan mengobati penyakit.

Saat akan melakukan terapi akupuntur, spesialis akupuntur akan menanyakan perihal kesehatan pasien dan akan melakukan tindakan sesuai dengan pasien butuhkan.

Jarum akupuntur akan ditusukkan pada titik tertentu dan umumnya lima sampai 20 jarum akan ditusukkan ke tubuh dan didiamkan selama 10 sampai 20 menit.

Tidak hanya mengatasi masalah mental, akupuntur dapat atasi masalah fisik yang ada di tubuh seperti kekauan otot, obesitas, nyeri pinggang dan bahkan bisa mengatasi masalah kecantikan tubuh. [BAB]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *