Astronom Temukan Planet Aneh, Bentuknya Mirip Bola Rugby – Celebrities.id
By: Date: 15 Januari 2022 Categories: Sains

JAKARTA, celebrities.id – Sebuah tim astronom mempelajari exoplanet yang ditemukan dengan bentuk mirip bola rugby. Tim menduga bentuk planet ini disebabkan oleh gaya pasang surut yang kuat dari bintang induknya.

Planet, yang ditemukan pada 2014 itu disebut WASP-103b dan berjarak sekitar 1.530 tahun cahaya dari Bumi.

Dia mengitari bintangnya dalam waktu kurang dari satu hari Bumi dan sedikit lebih masif dari Jupiter, serta 20 kali lebih panas.

Tapi tidak seperti raksasa gas lokal Bumi, planet ini berbentuk bujur, seperti yang dijelaskan dalam makalah yang baru-baru ini diterbitkan di Astronomy & Astrophysics.

“Pada prinsipnya kami memperkirakan sebuah planet dengan massa 1,5 kali Jupiter memiliki ukuran yang kira-kira sama, jadi WASP-103b pasti sangat mengembang karena pemanasan dari bintangnya dan mungkin mekanisme lainnya,” kata penulis utama Susana Barros, seorang astrofisikawan di Instituto de Astrofísica e Cincias do Espaço, dikutip dari Gizmodo, Sabtu (15/1/2022).

Saking miripnya WASP-103b disebut sebagai planet Jupiter panas, yang merupakan kelas planet exoplanet yang dicirikan oleh kesamaan dengan raksasa gas lokal Bumi.

 

Topik Terkait