Awal Mula Wanita Jakarta Kena Ringworm, Dikira Gigitan Serangga Biasa – detikHealth
By: Date: 31 Juli 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Beberapa waktu lalu, netizen sempat dihebohkan dengan salah satu unggahan video seorang wanita yang mengaku mengalami ruam di sekujur tubuhnya. Setelah ditelusuri, wanita bernama Novelin tersebut ternyata mengidap ringworm yang ditularkan melalui kucing saudaranya.

Pemilik akun TikTok @mbulthecat itu mengatakan bahwa awalnya hanya muncul satu ringworm pada tubuhnya, namun seiring berjalannya waktu ringworm menyebar ke paha, kaki, perut dan bagian tubuh lainnya. Proses penyembuhan yang dilakukan oleh wanita yang diketahui berasal dari Jakarta tersebut memakan waktu hingga 6 bulan.

Lantas apa itu ringworm, dan benarkah kucing bisa menularkan ringworm kepada manusia?


Dikutip dari Healthline, ringworm atau yang umum disebut kurap adalah salah satu jenis infeksi jamur yang terjadi pada kulit. Dalam istilah medis, ringworm atau kurap disebut juga dengan dermatofitosis, infeksi dermatofit, atau tinea.

Ringworm biasanya khusus digunakan untuk menggambarkan tinea corporis (kurap tubuh) atau tinea capitis (kurap kulit kepala). Namun, kadang-kadang digunakan juga untuk menggambarkan infeksi tinea pada area lain, seperti tinea cruris (kurap selangkangan).

Ringworm dapat menyebar di beberapa bagian tubuh, seperti kulit kepala, kaki, tangan, kuku, selangkangan, dan area janggut. Gejala yang ditimbulkan akibat infeksi tersebut juga bervariasi, antara lain:

  • Gatal
  • Bercak atau bersisik yang umumnya berwarna merah, coklat, atau abu-abu
  • Area infeksi menyerupai cincin
  • Menyebar di seluruh tubuh

Penyebab Ringworm

Terdapat sekitar 40 spesies jamu yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami ringworm. Namun, biasanya terjadi akibat dari jamur yang termasuk dalam kelompok Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton.

Umumnya, jamur tersebut dapat hidup di kulit seseorang atau permukaan lainnya, terutama pada area lembab. Tak hanya itu, jamu tersebut juga dapat hidup dalam waktu yang cukup lama sebagai spora di tanah.

NEXT: Jenis dan Cara Penularan Ringworm