Bagi – Bagi Bunga Peringati Hari Aids Sedunia – Kompas TV
By: Date: 2 Desember 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV – Peringatan Hari AIDS sedunia di Kota Denpasar tahun 2022 ditandai dengan pembagian bunga dan pita merah kepada pengendara yang melintas di kawasan Catur Muka Kota Denpasar. Tidak hanya pengendara,  masyarakat yang sedang berolahraga pun juga menjadi sasaran dalam sosialisasi pencegahan HIV AIDS. Kegiatan ini dilakukan oleh relawan, organisasi, lembaga swadaya masyarakat, serta kelompok siswa peduli AIDS dan narkoba (KSPAN) Kota Denpasar.

Pemberian bunga dan pita merah memiliki makna sebagai bentuk kepedulian terhadap kasus HIV-AIDS. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan membangun kesadaran masyarakat serta mengajak untuk terlibat langsung dalam penanggulangan, mencegah infeksi HIV AIDS, selain itu juga masyarakat diminta tidak lagi ada stigma atau diskriminasi terhadap saudara yang terkena HIV- AIDS.

Intan Kirana salah satu siswi SMA yang peduli terhadap bahaya HIV AIDS mengatakan selain sosialisasi menggunakan media sosial ia selalu ikut turun langsung untuk  mensosialisasikan bahaya  HIV AIDS pada setiap peringatan hari AIDS sedunia.

Untuk diketahui data dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar hingga bulan Oktober 2022, jumlah kasus HIV dan AIDS tercatat sebanyak 14.577 kasus, dengan resiko penularan terbanyak  yakni melalui heteroseksual sebanyak 72 persen, homoseksual 19 persen, melalui penggunaan narkoba suntik 4 persen dan penularan dari ibu ke bayi sebanyak 3 persen.  Sedangkan dari golongan umur kasus HIV terbanyak ditemukan pada usia produktif yaitu, pada usia 20 hingga 29 tahun 38 persen, usia 30 hingga 39 tahun 34 persen, dan usia 40 hingga 49 tahun mencapai 16 persen.

 

#hariAIDSsedunia   #dinkesdenpasar  #hiv-aids