Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Flu dan Batuk
By: Date: 31 Oktober 2020 Categories: Tak Berkategori

JAKARTA – Musim hujan telah tiba. Di musim ini, jika tidak mampu menjaga kondisi kesehatan, Anda rentan terkena penyakit, seperti influenza. Ketika tubuh terserang flu yang parah, biasanya diikuti masalah lain yang mengganggu, yaitu batuk.

(Baca juga: Sempat Diragukan, Sean Connery Malah Sukses Perankan James Bond)

Sebagian besar gejala flu akan hilang dalam 7-10 hari, tetapi penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang yang terkena flu masih merasakan batuk pada hari ke-18. Batuk bisa bertahan lebih lama daripada gejala lain karena sistem kekebalan masih berusaha untuk mengembalikan saluran udara normal.

Batuk sebetulnya bukan sesuatu yang berbahaya, tapi jika berlangsung terus menerus Anda perlu cek kondisi sedini mungkin ke dokter. Dan berikut ini beberapa cara pengobatan dan pencegahan yang bisa Anda lakukan seperti dilansir Prevention.

Baca Juga:

1. Lindungi diri Anda sendiri

Cara termudah untuk menangkal batuk yang berkepanjangan adalah dengan mencegah sedini mungkin. Rutin mencuci tangan setelah menyentuh permukaan umum, atau berada di sekitar orang yang sakit. Jika Anda benar-benar merasakan gejala akibat flu, carilah buah buahan kaya vitamin C dan makanan yang mengandung seng.

2. Perhatikan Istirahat

Tidur adalah saat tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri secara alami. Begitu juga ketika Anda sakit, sistem kekebalan tubuh Anda punya waktu untuk melawannya. Jika batuk membuat Anda tidak bisa tidur, angkat kepala sekitar 15 derajat dengan bantal tambahan, cara ini membantu membuka saluran udara sehingga Anda dapat bernapas lebih mudah dan dapat mencegah penumpukan lendir di tenggorokan.

Let’s block ads! (Why?)