Berapa banyak zaman es yang dimiliki Bumi, dan dapatkah manusia bertahan hidup di dalamnya – The Conversation Indonesia
By: Date: 19 Agustus 2022 Categories: Sains

Berapa banyak zaman es di Bumi, dan dapatkah manusia bertahan hidup di dalamnya? – Mason C., umur 8, Hobbs, New Mexico

Pertama , apa itu zaman es? Zaman es adalah ketika Bumi memiliki suhu dingin untuk waktu yang lama – jutaan hingga puluhan juta tahun – yang menyebabkan lapisan es dan gletser menutupi sebagian besar permukaannya.

Kita tahu bahwa Bumi telah mengalami setidaknya lima zaman es. Yang pertama terjadi sekitar 2 miliar tahun yang lalu dan berlangsung sekitar 300 juta tahun. Yang terbaru dimulai sekitar 2,6 juta tahun yang lalu, dan faktanya, secara teknis kita masih berada di dalamnya.

Jadi mengapa Bumi tidak tertutup es sekarang? Itu karena kita berada dalam periode yang dikenal sebagai “interglasial.” Di zaman es, suhu akan berfluktuasi antara tingkat yang lebih dingin dan lebih hangat. Lapisan es dan gletser mencair selama fase yang lebih hangat, yang disebut interglasial, dan mengembang selama fase yang lebih dingin, yang disebut glasial.

Saat ini kita berada dalam periode interglasial hangat terbaru, yang dimulai sekitar 11.000 tahun yang lalu.

Iklim bumi mengalami siklus pemanasan dan pendinginan yang dipengaruhi oleh gas di atmosfernya dan variasi orbitnya mengelilingi matahari.

Bagaimana rasanya berada dalam zaman es?

Ketika kebanyakan orang berbicara tentang “zaman es,” mereka biasanya mengacu pada periode glasial terakhir, yang dimulai sekitar 115.000 tahun yang lalu dan berakhir sekitar 11.000 tahun yang lalu dengan dimulainya periode interglasial saat ini.

Saat itu, planet ini jauh lebih dingin daripada sekarang. Pada puncaknya, ketika lapisan es menutupi sebagian besar Amerika Utara, suhu rata-rata global sekitar 46 derajat Fahrenheit (8 derajat Celcius). Itu 11 derajat F (6 derajat C) lebih dingin dari rata-rata suhu tahunan global saat ini.

Perbedaan itu mungkin terdengar tidak signifikan, tetapi zaman itu mengakibatkan sebagian besar Amerika Utara dan Eurasia tertutup lapisan es. Bumi juga jauh lebih kering, dan permukaan laut jauh lebih rendah, karena sebagian besar air bumi terperangkap di lapisan es . Dataran berumput keringadalah hal yang biasa dijumpai. Begitu juga sabana, atau dataran berumput yang lebih hangat, dan juga gurun

Banyak binatang yang ada selama zaman es tidak asing bagi Anda, termasuk beruang coklat, karibu, dan serigala. Tapi ada juga megafauna yang punah di akhir zaman es, seperti mammoth, mastodon, kucing bertaring tajam dan kungkang raksasa.

Ada perbedaan pendapat tentang mengapa hewan-hewan ini bisa punah . Salah satunya adalah manusia memburu mereka hingga punah.

Scientist and workers gather around a jawbone and horns protruding out of the ground.

Menggali kerangka mastodon di Burning Tree Golf Course di Heath, Ohio, Desember 1989. Kerangka tersebut, ditemukan oleh para pekerja yang sedang menggali kolam, telah selesai 90% hingga 95% dan berusia lebih dari 11.000 tahun.. James St. John/Flickr, CC BY

Tunggu, adakah manusia saat jaman es?!

Ya, orang-orang seperti kita hidup melalui zaman es. Sejak spesies kita, Homo sapiens, muncul sekitar 300.000 tahun yang lalu di Afrika, kita telah menyebar ke seluruh dunia.

Selama zaman es, beberapa populasi tetap berada di Afrika dan tidak mengalami efek penuh dari dingin. Lainnya pindah ke bagian lain dunia, termasuk lingkungan glasial Eropa yang dingin.

Dan mereka tidak sendirian. Pada awal zaman es, ada spesies hominin lain – kelompok yang juga merupakan nenek moyang langsung dan kerabat terdekat kita – di seluruh Eurasia, seperti Neanderthal di Eropa dan Denisovans yang misterius di Asia. Kedua kelompok ini tampaknya telah punah sebelum akhir zaman es.

Ada banyak ide tentang bagaimana spesies kita selamat dari zaman es ketika sepupu hominin kita tidak. Beberapa orang berpikir bahwa itu ada hubungannya dengan seberapa mudah kita beradaptasi, dan bagaimana kita menggunakan keterampilan dan alat sosial dan komunikasi kita. Dan tampaknya manusia tidak berdiam diri selama zaman es. Sebaliknya mereka pindah ke daerah baru.

Untuk waktu yang lama telah diperkirakan bahwa manusia tidak memasuki Amerika Utara sampai lapisan es mulai mencair. Tapi jejak kaki fosil ditemukan di Taman Nasional White Sands di New Mexico yang menunjukkan bahwa manusia telah berada di Amerika Utara setidaknya sejak 23.000 tahun yang lalu , saat puncak zaman es terakhir.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami.
Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.