Bukannya Jadi Indah, Sering Disisir Bikin Rambut Rusak?
By: Date: 3 Oktober 2019 Categories: Kecantikan rambut,Kesehatan Rambut,rambut rusak,rambut sering disisir bisa rusak

Suara.com – Bukannya Jadi Indah, Sering Disisir Bikin Rambut Rusak?

Untuk kebanyakan perempuan, rambut merupakan ‘aset’ berharga yang harus dirawat. Tidak mengherankan jika banyak perempuan yang sengaja menghabiskan waktu berjam-jam di salon kecantikan hanya untuk merawat rambut mereka.

Salah satunya juga menyisir rambut terlalu sering. Namun, tahukah Anda, bukannya memberikan manfaat baik untuk rambut, menyisir terlalu sering malah dapat membuat rambut Anda cepat rusak.

Menurut penata rambut Mika Fowler, menyisir rambut secara normal dapat membuat minyak alami atau sebum pada rambut yang diproduksi oleh kelenjar minyak (sebaceous glands) dapat didistribusikan secara merata ke seluruh rambut. Sehingga setiap kali Anda selesai menyisir, rambut Anda jadi rapi dan berkilau.

Namun Anda disarankan hanya menyisir rambut sesuai kebutuhan. Sisirlah rambut Anda dengan lembut menggunakan sisir ‘bergigi’ lebar atau sisir dengan bulu lembut untuk mengurai rambut kusut Anda tanpa harus menarik dan menyakiti setiap helai rambut. Berikut tipsnya dilansir Hello Sehat. 

1. Jangan dipaksa

Tidak ada yang suka diperlakukan dengan kasar, termasuk rambut Anda. Namun, kebanyakan perempuan menyisir rambutnya dengan kasar atau dipaksa, apalagi ketika rambutnya kusut dan berantakan. Sisirlah rambut Anda dengan lembut agar tidak merusaknya. Termasuk saat mengeringkan rambut, jangan mengeringkannya dengan kasar. Gunakan handuk yang dapat menyerap air dengan baik.

2. Menyisir secukupnya saja

Sebagian perempuan memang sulit untuk jauh-jauh dari sisir. Ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Terlalu sering menyisir rambut akan membuat rambut Anda rusak karena terus-menerus menarik rambut hingga ke akarnya. Sisirlah rambut Anda secukupnya saja.

3. Jangan sisiran saat rambut basah

Banyak yang langsung menyisir rambutnya seusai keramas. Padahal, rambut yang basah itu rapuh. Menyisir rambut saat basah dapat memicu kerontokan. Keringkanlah rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

4. Mulailah menyisir dari 5 cm setelah akar rambut

Tanpa sadar, kebanyakan menyisir rambut langsung dari akarnya. Padahal, ini merupakan cara menyisir yang salah. Menyisir dengan cara ini dapat membuat rambut tertarik dari akarnya dan menyebabkan rontok. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menyisir rambut mulai dari 5 cm setelah akar rambut.

5. Pilih sisir yang sesuai, hindari sisir plastik

Selain caranya, jenis sisir yang Anda gunakan akan sangat memengaruhi kesehatan rambut. Hindari menggunakan sisir dengan bahan 100% plastik, karena listrik statis yang tercipta dari sisir plastik dapat menyebabkan batang rambut terluka. Memang kondisi ini tidak kasat mata, tapi rambut akan berkurang kehalusannya.

6. Pastikan sisir Anda bersih

Selain memilih sisir yang tepat, pastikan sisir yang Anda gunakan bersih. Bersihkan sisir Anda minimal seminggu sekali. Sisir kotor dapat membuat kulit kepala kotor dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, kulit kepala akan terasa gatal dan bahkan bisa berketombe. Tidak mau ini terjadi pada Anda, kan?

Sepele tapi penting. Setelah mengetahui cara menyisir rambut yang benar, Anda akan dapat memberi perawatan yang tepat.

Let’s block ads! (Why?)