Burung Matahari Menyanyikan Lagu yang Sama selama Sejuta Tahun – Suara Pemred
By: Date: 14 Januari 2022 Categories: Sains

SEJUTA tahun silam, soundtrack terkenal tentang pegunungan berjudul Pulau Langit di Afrika Timur,  mungkin sangat mirip dengan yang ada sekarang.

Itu karena sekelompok burung kecil berwarna-warni telah menyanyikan nada yang sama secara persis selama lebih dari 500.000 tahun, bahkan mungkin selama sejuta tahun, menurut sebuah studi baru.

Burung matahari dalam keluarga Nectariniidae berwarna-warni, bertubuh kecil, adalah burung pemakan nektar yang menyerupai burung kolibri dan umum di seluruh Afrika dan Asia.

Burung Matahari1

“Burung-burung  ini adalah ‘permata kecil’ yang muncul di hadapan Anda,” tulis penulis senior Rauri Bowie, yang juga seorang profesor biologi integratif di University of California, Berkeley, AS, dan kurator di Museum of Vertebrate Zoology.

Burung matahari berkerah ganda timur (Cinnyris mediocris), dilansir Suara Pemred dari Live Science, Jumat, 14 Januari 2022, juga dikenal sebagai ‘burung matahari pulau langit’, hidup di puncak pegunungan tinggi di Afrika Timur, dari Mozambik hingga Kenya.

Puncak-puncak pencakar langit ini telah mengisolasi berbagai populasi, atau garis keturunan spesies ini dari satu sama lain selama puluhan ribu hingga satu juta tahun.

Gunung Afrika

Namun,  meskipun tidak berinteraksi sama sekali, banyak populasi burung matahari pulau langit yang tidak dapat dibedakan satu sama lain.

Bowie dan timnya bertanya-tanya apakah nyanyian burung juga tetap tidak berubah selama ribuan tahun. Untuk menjawab pertanyaan ini, para peneliti mengunjungi 15 pulau langit terpisah di Afrika Timur pada 2007 dan 2011.

Gunung Afrika1

Mereka merekam lagu dari 123 burung individu dari enam garis keturunan burung matahari yang berbeda.  Kemudian, mereka mengembangkan teknik statistik untuk menganalisis bagaimana nyanyian burung matahari berevolusi.

Ternyata,  beberapa populasi burung terpencil ini memang masih menyanyikan lagu yang sama.

Itu menunjukkan bahwa lagu-lagu ini tidak banyak berkembang dalam ribuan tahun, sejak garis keturunan ini telah dipisahkan.  

Para peneliti juga menemukan, melalui analisis perbedaan genetik di antara populasi, bahwa dua populasi spesies yang telah berpisah paling lama,  memiliki lagu yang hampir identik.  

Burung Matahari3

Sedangkan dua populasi lain yang dipisahkan untuk waktu yang lebih singkat.  memiliki lagu yang sangat berbeda, menurut pernyataan tersebut.

Temuan tim itu mengejutkan, karena ahli biologi biasanya mengharapkan nyanyian burung berevolusi, dan berubah seiring waktu dalam populasi yang berbeda.

“Gagasan bahwa nyanyian burung berevolusi dengan cepat,  kemungkinan berasal dari mempelajari burung di belahan bumi utara, di mana kondisi lingkungan telah berubah beberapa kali selama puluhan ribu tahun,”  kata Bowie.  

Gunung Afrika2

Burung Belahan Bumi Utara

Spesies ini diperkirakan telah mengembangkan warna, nyanyian, dan perilaku baru untuk beradaptasi lebih baik dengan lingkungan baru, seperti ada atau tidak adanya gletser. 

Tetapi,  pegunungan di Afrika Timur hanya mengalami sedikit perubahan geologis, yang menunjukkan bahwa burung-burung matahari tidak memiliki alasan untuk mengembangkan bulu atau nyanyian yang berbeda.  

Para peneliti menyimpulkan bahwa burung berikut nyanyian mereka, dapat tetap tidak berubah selama jutaan tahun, sampai perubahan lingkungan menyebabkan mereka berevolusi dengan cepat, menurut pernyataan dan video yang menyertainya.

Burung Matahari2

“Jika Anda mengisolasi manusia, dialek mereka cukup sering berubah; Anda dapat mengetahui setelah beberapa saat dari mana seseorang berasal. Dan,  lagu telah ditafsirkan dengan cara yang sama,” kata Bowie.  

“Apa yang ditunjukkan oleh makalah kami adalah bahwa itu tidak selalu berlaku untuk burung. Bahkan pada sifat yang seharusnya sangat labil, seperti nyanyian atau bulu, di mana Anda dapat mengalami stasis dalam waktu lama,” lanjutnya. 

Sekarang, para ilmuwan melanjutkan penelitian di Afrika Timur untuk mencari tahu mengapa beberapa burung mengembangkan lagu yang lebih baru,  dan yang lainnya tidak. 

Temuan ini dipublikasikan pada 17 November 2021 di Jurnal Proceedings of the Royal Society B.*** 

Sumber: Live Science