Cacar Monyet Makin Mengkhawatirkan, Begini Cara WHO Cegah Penyebaran dari Manusia ke Manusia – Celebrities.id
By: Date: 6 Juni 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JAKARTA, celebrities.id – Cacar monyet semakin mengkhawatirkan. Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa hingga kini kasusnya secara global sudah mencapai 780 kasus. 

Penularan penyakit ini memang tidak secepat Covid-19, tapi ketika kontak langsung penularan akan sangat mudah terjadi. Karena itu, diimbau kepada penderita tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain, termasuk berhubungan seksual. 

Belum lama ini, WHO mengeluarkan rekomendasi cara pencegahan cacar monyet yang dinilai bisa menghentikan penularan virus di masyarakat. Dijelaskan dalam laman Live Mint, Senin (6/6/2022), cara pertama yang dilakukan WHO adalah meningkatkan kesadaran apa itu cacar monyet. 

Diharapkan upaya ini membuat masyarakat semakin ‘aware’ dengan gejalanya dan segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan lebih prima. 

“Penting untuk Kementerian Kesehatan seluruh negara untuk memberi edukasi kepada masyarakat terkait cacar monyet sehingga mereka yang punya gejala mengarah ke cacar monyet mendapat perawatan klinis yang tepat,” kata WHO. 

 

Topik Terkait

Berita Terkait

Efektifkah Vaksin ACAM2000 dan JYNNEOS untuk Lawan Cacar Monyet? Ini Kata CDC
Fit

5 Juni 2022

Indonesia Belum Temukan Kasus Cacar Monyet, Warga Diminta Jaga Kesehatan 
Fit

31 Mei 2022