Cara Alami Tingkatkan Sperma Jadi Lebih Berkualitas
By: Date: 29 November 2020 Categories: Tak Berkategori

JAKARTA – Infertilitas saat ini merupakan masalah umum dan kejadiannya meningkat pesat di seluruh dunia. Sampai sekarang, kejadian ini memengaruhi sekitar satu dari tiap enam pasangan dan para ahli memperkirakan bahwa 40%-50% kasus infertilitas hanya disebabkan oleh pasangan pria tanpa melibatkan wanita.

Meskipun infertilitas tidak selalu bisa diobati, namun dapat ditingkatkan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

(Baca Juga: Manfaat Kesehatan dan Nutrisi Susu Kambing)

Ketika berbicara tentang pria, jumlah sperma adalah aspek yang sangat penting dari kesuburan, di mana jumlah sel sperma inilah yang dapat membantu menentukan kualitas sperma. Jika kualitas sperma rendah, hal tersebut merupakan salah satu halangan yang membuat pasangan Anda kesulitan mendapatkan kehamilan.

Baca Juga:

Namun, jangan khawatir, berikut adalah cara alami untuk meningkatkan kualitas sperma seperti, dilansir dari laman Times of India.

1. Olahraga
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga dan penurunan berat badan dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria gemuk. Sebuah studi lain yang dilakukan pada 2017 menemukan bahwa dengan 16 minggu latihan aerobik selama 50 menit setiap hari, dapat meningkatkan konsentrasi serta volume sperma pada pria obesitas dan kurang gerak.

2. Kontrol Stres
Stres dapat menyebabkan tubuh Anda mengambil tindakan defensif dan menghemat energi sehingga tubuh menjadi kurang peduli dengan reproduksi. Lakukan diet sehat, olahraga teratur, dan kerjakan sesuatu yang Anda sukai. Semua itu akan membantu dalam mengelola stres.

3. Merokok
Para pria identik sekali dengan merokok. Tidak jarang mereka menghabiskan berbatang-batang rokok hanya untuk memuaskan hasrat. Ternyata, merokok dapat mengurangi jumlah sperma secara konsisten. Sebuah studi yang dilakukan pada 2016 menemukan bahwa pria yang merokok secara konsisten dapat mengurangi jumlah sperma.

(Baca Juga: Wanita yang Stres Lebih Perpeluang Mengandung Anak Perempuan)

4. Tidak Menggunakan Narkoba
Sangat penting untuk diketahui, ternyata konsumsi obat-obatan seperti ganja dan kokain secara langsung berkaitan dengan penurunan jumlah sperma. Selain itu, minum alkohol berlebihan juga dapat menurunkan kadar testosteron dan kualitas serta kuantitas sperma pada pria.

Let’s block ads! (Why?)