Cek Fakta: Benarkah Tanaman Sri Rejeki Berbahaya hingga Sebabkan Keracunan? Simak Faktanya – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 26 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

PIKIRAN RAKYAT – Baru-baru ini beredar luas kabar di platform Facebook yang mengeklaim tanaman hias dieffenbachia atau lebih dikenal dengan Sri Rejeki merupakan tumbuhan yang berbahaya.

Dalam kabar tersebut disebutkan bahwa tanaman hias Sri Rejeki memiliki racun.

Unggahan itu menampilkan foto tanaman Sri Rejeki dan seorang anak yang kabarnya mengalami keracunan.

Tanaman Sri Rejeki memang sering dijumpai di rumah-rumah. Bahkan oleh sebagian anak-anak, daun tersebut sering dipakai bermain masak-masakan sehingga berisiko termakan.

Baca Juga: Kurikulum Terus Berubah, Siswa ‘Tampar’ Presiden dan Mendikbud: Mungkin Ini Sebab Pendidikan Kita Kurang Maju

Adapun narasi yang ditulis dalam unggahan itu, “Info penting:bagi saudara2 fb.mohon jaga anak2 atau siapa pun utx mnjauhi tumbuhan yg ada di gmbar ini…terutama pada anak2..info nya tumbuhan ini di pke masak2an sma anak2..tumbuhan ini mmiliki racun..dan anak di gambar ini tlah mnjadi korban. #mohon utx di sebar luaskan kepada publik.trimakasih.”

Tangkapan layar informasi hoaks yang mengeklaim bahwa tanaman hias Sri Rejeki beracun.
Tangkapan layar informasi hoaks yang mengeklaim bahwa tanaman hias Sri Rejeki beracun.

Namun setelah ditelurusi lebih lanjut, klaim yang menyebut tanaman hias Sri Rejeki berbahaya dan memiliki racun merupakan informasi hoaks.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, terdapat beberapa keterangan dan fakta untuk meluruskan informasi hoaks tersebut.