Cek Fakta Foto Perbedaan Presiden Soeharto dan Jokowi Jabat Tangan Pihak Tiongkok Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 27 September 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar sebuah kolase foto memperlihatkan gambar Presiden ke-2 RI Soeharto menyalami pihak Tiongkok dengan sikap berdiri. Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) membungkuk ketika bersalaman dengan pihak Tiongkok. Kolasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Saefulxrekul Movie On yang turut mengunggah kolase foto tersebut, Senin 27 September 2021. Akun itu membuat narasi terkait kolase foto itu. Berikut narasinya:

“Yg mana yg hebat , Yg mana yg pecundang
Pahamkan ..”

 
[Cek Fakta] Foto Perbedaan Presiden Soeharto dan Jokowi Jabat Tangan Pihak Tiongkok? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Benarkah demikian?

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Presiden Jokowi menyalami pihak Tiongkok dengan membungkuk, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.
 
Kolase identik setidaknya sudah beredar pada Juni 2020 lalu. Kami telah mengulasnya. Selengkapnya dapat dibaca di sini:
 
[Cek Fakta] Foto Presiden Jokowi Jabat Tangan Pihak Tiongkok sambil Membungkukkan Badan? Ini Faktanya
 

[Cek Fakta] Foto Perbedaan Presiden Soeharto dan Jokowi Jabat Tangan Pihak Tiongkok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Presiden Jokowi menyalami pihak Tiongkok dengan membungkuk, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Foto Perbedaan Presiden Soeharto dan Jokowi Jabat Tangan Pihak Tiongkok? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4KZRA7qK-foto-presiden-jokowi-jabat-tangan-pihak-tiongkok-sambil-membungkukkan-badan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)