Cek Fakta Video Seorang Pria Hancurkan TV yang Tayangkan Jokowi Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 4 Mei 2021 Categories: Uncategorized

Beredar sebuah video memperlihatkan seorang pria menghancurkan televisi (TV) yang menayangkan sebuah wawancara Presiden Joko Widodo (Jokowi). Video ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Devan Baskara yang turut mengunggah video tersebut, Selasa 4 Mei 2021. Berikut penampakannya:
 
Video ini diunggah dalam sebuah grup yang memiliki 2.500 anggota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

[Cek Fakta] Video Seorang Pria Hancurkan TV yang Tayangkan Jokowi? Ini Faktanya

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan seorang pria menghancurkan televisi yang menayangkan wawancara Presiden Joko Widodo (Jokowi), adalah salah. Faktanya, itu video editan.
 
Dilansir Dailymail.co.uk, video itu sebenarnya memperlihatkan pria Turki bernama Izzet Salti. Dia tiba-tiba mengamuk dengan menghancurkan TV karena diganggu sang istri saat menonton laga Turki versus Kroasia pada pertandingan Euro 2016.

“Ini adalah saat seorang penggemar sepak bola yang marah menghancurkan TV-nya dan mematikan laptopnya menjadi dua setelah istrinya mempermainkannya selama pertandingan Euro 2016,” tulis Dailymail.co.uk dalam laporannya pada 16 Juni 2016 lalu.

 
[Cek Fakta] Video Seorang Pria Hancurkan TV yang Tayangkan Jokowi? Ini Faktanya
 

Sementara wawancara Jokowi yang tampak pada video itu dibuat pada 2020 lalu. Video itu merupakan cuplikan wawancara Najwa Shihab dengan Jokowi terkait musim mudik di tengah Covid-19 pada April 2020.
 

[Cek Fakta] Video Seorang Pria Hancurkan TV yang Tayangkan Jokowi? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video itu memperlihatkan seorang pria menghancurkan televisi yang menayangkan wawancara Presiden Joko Widodo (Jokowi), adalah salah. Faktanya, itu video editan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Video Seorang Pria Hancurkan TV yang Tayangkan Jokowi? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.dailymail.co.uk/news/article-3645585/Turkish-football-fan-trashes-house-wife-pranks-repeatedly-turning-TV-tries-watch-EURO-2016-game.html
https://www.youtube.com/watch?v=BC6F6Uxw1G0
https://archive.md/wcs5S
 

Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)