Di Mana Rumahmu saat Zaman Dinosaurus? Cek di Peta Ini! – detikcom
By: Date: 31 Desember 2022 Categories: Sains

Jakarta

Penasaran di mana rumahmu saat zaman dinosaurus hidup? Peta Ancient Earth Map memberi gambaran perkiraannya.

Peta Ancient Earth adalah peta interaktif berisi pemandangan Bumi dari rentang waktu hingga 750 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus nonburung sendiri hidup di Era Mesozoikum, yaitu sekitar 245-55 juta tahun yang lalu, seperti dikutip dari laman Natural History Museum London.

Zaman Kehidupan DInosaurus

Peneliti membagi Era Mesozoikum ke dalam tiga periode, yaitu Periode Triassic, Periode Jurassic, dan Periode Cretaceous.

Dari periode yang satu ke selanjutnya, daratan di Bumi yang awalnya berupa satu benua super besar kemudian retak dan berpisah menjadi benua-benua yang lebih kecil. Perubahan ini bisa dilihat di situs Ancient Earth dengan menahan tombol panah kiri dan kanan.

Seiring perubahan daratan di Bumi, iklim dan vegetasi pun berubah. Akibatnya, perkembangan dinosaurus pun terpengaruh sesuai kondisi di Bumi tersebut.

Contoh, pada Periode Triassic Tengah, Bumi tengah mengalami pemulihan dari kepunahan Permian-Triassic. Alhasil, muncul dinosaurus-dinosaurus yang ukurannya lebih kecil dan vertebrata terbang pertama.

Masih di periode ini, muncul juga therapsida, yaitu mamalia dan nenek moyang mamalia. Di samping itu, muncul archosaurus, genus reptil nenek moyang burung dan buaya.

Peta Ancient Earth ini dibuat eks engineer Google, Ian Webster, yang semula bertugas di bidang pencarian terkait perjalanan. Dalam pembuatan peta, Webster dibantu CR Scotese dari PALEOMAP Project yang menyediakan data lempeng tektonik dan peta paleogeografi.

Mencoba peta Ancient Earth, detikers bisa memilih tahun peta yang ingin diketahui. Kemudian, masukkan kota domisili saat ini, lalu tekan Enter.

Peta yang muncul dapat diputar-putar, diperbesar, dan diperkecil. Bagaimana hasilnya?

Jakarta 105 Juta Tahun Lalu

Jika rumah detikers di Jakarta, maka tampak bahwa provinsi ini 105 juta tahun lalu masih menempel dengan Pulau Kalimantan.

Dikutip dari laman Ancient Earth, 105 juta tahun yang lalu masuk dalam Periode Cretaceous. Di masa ini, dinosaurus ceratopia dan pachycephalosauria berkembang.

Ceratopia adalah kelompok dinosaurus bertanduk. Jenisnya yang terkenal adalah triceratops, dinosaurus herbivora yang mirip badak, meskipun ternyata tidak berhubungan.

Sementara itu, pachycephalosauria adalah dinosaurus yang sekilas mirip T-rex, tetapi tengkorak kepala bagian atasnya menebal seperti jidat yang menghadap ke matahari. Berbeda dengan T-rex, dinosaurus yang ini diperkirakan makan biji, batang, daun, buah, dan kemungkinan serangga.

Di periode ini juga, mulai muncul kelompok mamalia, burung, dan serangga modern.

Jakarta 66 Juta Tahun yang Lalu

Di Periode Cretaceous akhir ini, Jakarta tampak berada di Pulau Jawa yang sudah terpisah dengan Pulau Kalimantan. Namun, Pulau Papua masih berada jauh di selatan dan jauh lebih dekat dengan Benua Australia.

Periode Cretaceous akhir ditandai dengan kepunahan massal, termasuk dinosaurus, berbagai reptil laut, semua reptil terbang, dan beragam invertebrata laut.

Peneliti berteori, kepunahan di periode ini disebabkan jatuhnya asteorid di tempat yang sekarang adalah peninsula Yucatan di Meksiko, Amerika.

Nah, di mana rumah detikers saat zaman dinosaurus? Coba lihat di di laman https://dinosaurpictures.org/ancient-earth dan cari tahu lebih lanjut tentang hewan yang hidup di masa itu, yuk!

Simak Video “Kerangka Dinosaurus Kecil Dijual, Tingginya 1,3 Meter
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwk)