Foto-foto menakjubkan Mars mengungkapkan masa lalu planet yang menakjubkan – BALICITIZEN.COM
By: Date: 28 Juni 2022 Categories: Sains

Gambar dari misi Curiosity NASA dapat mengungkapkan bukti perubahan iklim di Mars, termasuk pengeringan permukaan air di masa lalu.

Hasilnya diterbitkan minggu lalu dalam pernyataan NASA tentang misi Curiosity selama satu dekade.

“Kami tidak lagi melihat sedimen danau yang kami lihat bertahun-tahun lalu di Gunung Sharp,” Dia berkata Ashwin Vasavada, ilmuwan proyek Curiosity di Laboratorium Propulsi Jet NASA di California Selatan.

Sebaliknya, kami melihat banyak bukti iklim yang lebih kering, seperti bukit pasir kering yang terkadang digulung oleh aliran sungai. Ini adalah perubahan besar dari danau yang mungkin bertahan selama jutaan tahun sebelumnya.

Selama setahun terakhir, wahana Curiosity telah melakukan perjalanan melalui wilayah transisi dari “wilayah yang kaya lumpur” ke wilayah yang kaya sulfat, kata pernyataan itu. Pengamatan dapat memberikan catatan pergeseran kuno dalam perubahan iklim Planet Merah.

Gambar batu seperti jari juga mendukung kemungkinan air tanah bergerak melalui wilayah tertentu di Mars.

Itu kemungkinan terbentuk miliaran tahun yang lalu ketika air tanah naik, meninggalkan mineral. Di atmosfer Mars, angin mengikis bagian yang lebih lembut dan meninggalkan bagian yang paling sulit,” tulis akun Twitter Curiosity Rover disertai contoh satu gambar.

Misi Curiosity telah mengungkapkan gambar yang mendukung pandangan bahwa Mars kuno mengalami iklim yang mungkin termasuk danau yang tahan lama.

Pada tahun 2014, penyelidikan ke Kawah Gale menunjukkan bahwa aliran air dan sedimen mungkin cukup besar untuk membangun Gunung Sharp setinggi tiga mil.

“Jika hipotesis Gunung Sharp kami berlaku, itu menantang gagasan bahwa kondisi hangat dan basah bersifat sementara, lokal, atau hanya di bawah tanah di Mars,” Vasavada Dia berkata Mengenai hasil sebelumnya.

“Penjelasan paling radikal adalah bahwa atmosfer purba Mars yang tebal menaikkan suhu secara global di atas titik beku, tetapi sampai sekarang kita tidak tahu bagaimana atmosfer melakukannya,” tambahnya.

Pada tahun 2013, NASA catatan Batuan sedimen telah mengarah pada saran bahwa Mars pernah mengandung air tawar. Foto di tahun 2012 juga melihat bebatuan kecil yang tampak telah dihaluskan dan dibentuk oleh air.

Banyak spekulasi beredar online setelah satu gambar Curiosity muncul menunjukkan “pintu” di Mars. Namun, NASA mencatat bahwa gambar tersebut menangkap fitur geologis alami, meskipun penampilannya mirip pintu.

Pembahasan air di Mars tidak terbatas pada misi Curiosity. NASA telah menyelidiki bukti air purba di planet ini sejak tahun 1970-an.

“Para ilmuwan telah melacak jalur air purba melalui Mars sejak tahun 1970-an, ketika pengorbit mengungkapkan jaringan lembah bercabang yang cocok dengan bentuk dendritik dari lembah yang terkikis air di Bumi,” Science Magazine tersebut. “Pada 1990-an, program Global Mars Surveyor memperbesar alur yang digali dalam yang hanya bisa diukir oleh aliran air yang kuat—dan mungkin bahkan sekilas garis pantai dari samudra purba.”