Gejala Mycoplasma Pneumonia pada Anak, 2.000 Balita di Jakarta Diduga Mulai Terjangkit!
By: Date: 6 Desember 2023 Categories: Sakit Tenggorokan

Suara.com – Belakangan ini kasus mycoplasma pneumonia pada anak-anak sedang mengalami peningkatan disejumlah Negara. Lantas, apa saja gejala mycoplasma pneumonia pada anak? Untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya.

Diberitakan bahwa kasus mycoplasma pneumonia  sedang melanda sejumlah Negara yang membuat beberapa rumah sakit penuh. Kasus Pneumonia misterius ini mirip situasinya seperti saat peristiwa pandemi COVID-19.

Dilaporkan oleh Kemenkes Cina pada Senin (13/11/2023), kasus pneumonia misterius pada anak ini yang paling banyak mengalami peningkatan yaitu di Tiongkok.  Selain Tiongkok, kasus mycoplasma pneumonia juga dilaporkan menyerang sejumah anak di Indonesia.

Lantas, apa saja gejala mycoplasma pneumonia pada anak? Nah untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini gejala-gejalanya. Namun sebelum mengetahui apa saja gejalanya, mari simak dulu pengertian mycoplasma pneumonia berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Apa Itu Mycoplasma Pneumonia

Mycoplasma pneumoniae merupakan sejenis bakteri yang umumnya dapat menyebabkan infeksi ringan di sistem pernapasan hingga infeksi serius yang memerlukan perawatan khusus di rumah sakit.

Kasus mycoplasma pneumonia ini dapat merusak sistem pernapasan dari mulai tenggorokan, paru-paru hingga batang tenggorokan. Adapun salah satu penyebaran penyakit ini yaitu melalui kontak langsung dari orang yang terinfeksi.

Gejala Mycoplasma Pneumonia

Biasanya seseorang yang terinfeksi bakteri mycoplasma pneumoniae akan menunjukan sejumlah gejala. Adapun gejala umumnya yakni sebagai berikut.

  • Sakit tenggorokan
  • Batuk berminggu-minggu atau berbulan-bulan
  • Mudah lelah
  • Demam
  • Sakit kepala

Untuk anak-anak usia dibawah 5 tahun yang terpapar infeksi Mycoplasma Pneumoniae biasanya akan mengalami gejala berbeda. Adapun gejalanya sebagai berikut.

  • Bersin
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Mata berair
  • Muntah
  • Mengi
  • Diare

Kasus Mycoplasma Pnemonia di Indonesia

Kementerian Kesehatan sudah melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi menyebarnya mycoplasma pneumoniae di Tanah Air, termasuk menerbitkan Surat Edaran Nr: PM.03.01/C/4632/2023.

Adapun surat edaran tersebut berisi  tentang “Kewaspadaan Terhadap Kejadian Mycoplasma Pneumonia di Indonesia pada 27 November 2023”. Surat tersebut berisi sejumlah langkah antisipasi dalam menghadapi penyebaran kasus mycoplasma pneumoniae di Tanah Air.

Selain itu, Kemenkes juga turut mendorong fasyankes (fasilitas pelayanan kesehata) dan pintu masuk negara agar aktif melakukan pelaporan temuan kasus pneumonia lewar saluran yang disediakan.

Kabar terbaru menyebutkan ribuan balita di Jakarta diduga mulai terjangkit penyakit ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Rismasari.

Rismasari menyebut ribuan anak tersebut tersebar di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat. Pihaknya pun berupaya langsung menindaklanjuti jika ada laporan terbaru kasus yang dicurigai Mycoplasma Pneumonia.

“Kasus Pneumonia kebanyakan menyerang kelompok balita. Hingga akhir November 2023 ada 2.310 balita terkena sakit tersebut,” kata Risma, saat dikonfirmasi, Rabu (6/12/2023).

Demikian ulasan mengenai gejala mycoplasma pneumonia pada anak lengkap dengan pengertian dan update kasus mycoplasma pneumonia di RI. Hati-hati dan tetap memakai masker ketika di tempat umum agar tidak terjangkit penyakit ini.

Kontributor : Ulil Azmi

https://www.suara.com/health/2023/12/06/112208/gejala-mycoplasma-pneumonia-pada-anak-2000-balita-di-jakarta-diduga-mulai-terjangkit