Hamil 25 Minggu, Refleks Janin Mulai Berfungsi
By: Date: 19 Juni 2020 Categories: Informasi Kesehatan,Kehamilan dan Janin,perkembangan janin

Hamil 25 minggu, seperti apa perkembangan janin yang ada di dalam perut Anda? Apakah ia tumbuh dengan baik, atau justru tidak? Ketahui lebih lanjut mengenai perkembangan janin 25 minggu serta informasi terkait usia kehamilan 25 minggu lainnya berikut ini!

hamil-25-minggu-doktersehat

Perkembangan Janin saat Hamil 25 Minggu

Pada saat usia kehamilan 23 minggu, idealnya janin memiliki panjang 33 cm. Sementara itu, berat janin 25 minggu sekitar 0,68 kg. Ukuran janin saat hamil 23 minggu ini sama dengan rutabaga, yakni sejenis umbi-umbian.

Janin 25 minggu juga masih terus mengalami pembentukan lemak tubuh sehingga berat tubuhnya juga mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, pada minggu ke-25 ini kulit janin menjadi lebih kemerahan dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya.

Perubahan pada kulit janin menjadi lebih kemerahan tersebut dikarenakan sedang terjadi proses pembentukan pembuluh darah kapiler yang ada di bawah kulit. Pembuluh kapiler yang berisikan darah lantas menjadikan kulit jadi tampak memerah.

Perkembangan janin 25 minggu lainnya yang juga dapat diperhatikan adalah organ paru-paru yang semakin mengalami penyempurnaan, baik dari segi bentuk maupun fungsi. Hal ini dikarenakan pada paru-paru mulai terbentuk pembuluh darah yang akan menunjang fungsinya kelak. Kendati demikian, organ pernapasan tersebut belum dapat digunakan oleh janin untuk bernapas.

Satu hal lagi, pada saat hamil 25 minggu, janin di dalam perut mungkin sudah mulai bisa merespon suara yang ia dengar dengan melakukan gerakan refleks. Gerak refleks yang dimaksud seperti menendang atau bahkan mengubah posisi tubuhnya.

Perubahan Tubuh saat Hamil 25 Minggu

Lanjut ke ulasan mengenai perubahan dan gejala apa saja yang terjadi pada tubuh Anda saat hamil 25 minggu? Pada dasarnya, perubahan atau gejala yang dialami di usia kehamilan 25 minggu mayoritas masih sama seperti di minggu-minggu yang masuk ke dalam trimester kedua.

Berikut adalah perubahan dan gejala yang perlu Anda ketahui.

1. Puting Susu Terlihat Lebih Gelap

Usia kehamilan yang terus bertambah menimbulkan sejumlah perubahan pada tubuh Anda. Salah satu dari perubahan tersebut adalah puting susu yang warnanya jadi terlihat lebih gelap dari biasanya.

2. Wasir

Sama seperti di minggu ke-22, hemoroid alias wasir masih menjadi keluhan ibu hamil 25. Wasir adalah kondisi ketika pembuluh darah pada bagian usus besar yang bernama rektum mengalami pelebaran.

Rahim yang mengalami pembesaran menyebabkan anus tertekan. Tekanan pada anus lantas pembuluh darah melebar hingga terjadilah wasir. Selain karena tekanan yang dialami anus, hormon kehamilan juga disebut-sebut menjadi pemicu terjadinya wasir ini.

3. Peradangan Gusi

Peradangan pada gusi atau disebut gingivitis menjadi gejala lainnya yang harus diwaspadai oleh para ibu hamil 25 minggu. Radang gusi tentunya tidak bisa dibiarkan. Pasalnya, kondisi ini dapat berujung pada komplikasi serius seperti kelahiran prematur dan preeklampsia.

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dan sebisa mungkin cegah diri dari kondisi tersebut. Menghindari dari gingivitis tidak sulit, kok. Anda hanya perlu rajin menggosok gigi 2 kali sehari yakni di pagi dan malam hari.

4. Heartburn

Heartburn atau gejala nyeri ulu hati mungkin masih akan Anda alami saat hamil 25 minggu. Kendati tidak perlu dikhawatirkan karena bukan merupakan kondisi serius, tetap saja nyeri ulu hati akan membuat Anda tidak nyaman.

Maka dari itu, lakukan sejumlah tips berikut ini guna meminimalisir gejala heartburn:

  • Hindari makanan pemicu nyeri ulu hati seperti makanan pedas, asam, dan mengandung santan.
  • Usahakan makan dalam porsi kecil tapi sering alih-alih makan dalam porsi besar namun jarang.
  • Jangan langsung berbaring setelah makan.
  • Gunakan obat antasida untuk meredakan gejala nyeri (konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter)

5. Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit juga mungkin masih akan dialami oleh ibu hamil 25 minggu. Pigmentasi kulit dapat ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna cokelat atau kehitaman pada kulit, khususnya kulit wajah.

Pigmentasi kulit seperti ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah melasma. Menurut penelitian, sekitar 50-70 persen wanita mengalami melasma saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Gejala ini diduga terkait dengan perubahan hormon yang sedang terjadi.

Sejumlah gejala lainnya yang mungkin muncul di kehamilan 25 minggu adalah sebagai berikut:

  • Stretch marks
  • Nyeri badan
  • Pembengkakan pergelangan kaki
  • Sulit tidur

Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan pada minggu ke-25 adalah sebagai berikut:

1. Pemeriksaan Kehamilan Umum

Pemeriksaan janin 25 minggu dilakukan dengan medium ultrasonografi (USG). Pemeriksaan USG bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi janin, apakah perkembangannya berjalan dengan baik atau justru ada abnormalitas yang terjadi.

2. Pemeriksaan Fibronectin

Apabila ada indikasi abnormalitas pada kehamilan, dokter akan melakukan pemeriksaan lainnya guna memastikan kemungkinan tersebut.

Contoh pemeriksaan kehamilan yang dilakukan di minggu ke-25 adalah pemeriksaan Fetal Fibronectin (fFN). Fibronectin adalah protein yang diproduksi oleh selaput janin. Menganalisis protein tersebut membantu dokter untuk menemukan abnormalitas pada janin

3. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik bertujuan untuk memastikan bahwa ibu hamil dalam keadaan sehat sehingga kehamilan dapat berjalan baik. Pemeriksaan fisik di antaranya meliputi:

  • Pengukuran tekanan darah
  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Pengukuran panggul
  • Pemeriksaan vagina
  • Pemeriksaan urine

Tips Kehamilan

Saat sedang hamil 25 minggu, ingat selalu untuk tetap menerapkan sejumlah tips kehamilan berikut ini:

1. Makan Makanan Bergizi

Janin Anda sudah tumbuh dan berkembang dengan sehat sejauh ini. Nah, agar perkembangannya tetap berjalan baik hingga hari kelahiran tiba, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi baginya. Caranya tentu saja dengan mengonsumsi makanan bergizi, utamanya buah dan sayur-sayuran.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen penunjang seperti susu khusus ibu hamil dan sebagainya. Konsultasikan dengan dokter apa saja gizi yang harus dipenuhi saat hamil 25 minggu.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih juga jangan sampai dikurangi asupannya di minggu ke-25 dari kehamilan Anda, ya. Mengonsumsi air putih 8-12 gelas per hari penting untuk menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi sehingga berdampak pada lancarnya aliran darah di dalam tubuh.

3. Olahraga

Berolahraga di usia kehamilan 25 minggu masih tetap dianjurkan. Tujuannya untuk membuat tubuh Anda senantiasa bugar sekaligus meredakan stres yang menghampiri.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan masih sama seperti minggu sebelumnya, yaitu:

  • Yoga
  • Senam hamil
  • Stretching
  • Jogging
  • Bermain sepeda statis

Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai tata cara melakukan olahraga yang aman dan nyaman saat hamil.

4. Gunakan Pelembab Kulit

Kulit—terutama di area perut—rentan mengalami gejala berupa gatal dan iritasi. Hal ini berkaitan dengan merenggangnya kulit seiring perut yang bertambah besar. Guna meredakan gejala gatal, Anda bisa menggunakan krim pelembab kulit setiap hari, utamanya di pagi hari.

5. Istirahat yang Cukup

Tetap sama seperti tips kehamilan di minggu-minggu sebelumnya, di usia hamil 25 minggu ini Anda harus waktu istirahat yang cukup, terutama di malam hari. Waktu istirahat yang kurang akan membuat tubuh Anda semakin lelah. Jika dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan efek negatif bagi diri sendiri maupun janin yang tengah dikandung.

  1. Anonim. 25 Weeks Pregnant. https://www.babycenter.com/25-weeks-pregnant (Diakses pada 19 Juni 2020)
  2. Anonim. 25 Weeks Pregnant. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-25.aspx (Diakses pada 19 Juni 2020)
  3. Marple, K. How big is my baby? Week-by-week fruit and veggie comparisons. https://www.babycenter.com/slideshow-baby-size (Diakses pada 19 Juni 2020)
  4. Pevzner, H. 2020. Week 25 of Your Pregnancy. https://www.verywellfamily.com/25-weeks-pregnant-4159047 (Diakses pada 19 Juni 2020)
  5. Silver, N. 2017. 25 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More. https://www.healthline.com/health/pregnancy/25-weeks-pregnant#things-to-do (Diakses pada 19 Juni 2020)

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi

Let’s block ads! (Why?)