Hari Jantung Sedunia: Kiat Jaga Kesehatan Jantung Demi Hidup yang Lebih Baik – Kaltengtoday.com
By: Date: 30 September 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

kaltengtoday.com, – Entertainment, – Selamat Hari Jantung Sedunia! Ya, tahukah pembaca kalau tepat di hari ini yaitu setiap tanggal 28 September merupakan hari peringatan untuk kesehatan jantung, atau dikenal juga sebagai World Heart Day.

Kenapa kita harus peduli dengan kesehatan jantung? Jelas tak bisa dianggap sepele, karena faktanya jantung ternyata merupakan salah satu penyakit yang jadi penyebab kematian utama di dunia.

Bahkan secara spesifik, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung koroner (ischaemic heart disease) merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia. Disebutkan kalau di tahun 2016, tingkat kematian akibat penyakit jantung di Indonesia pernah ada di angka tertinggi yaitu mencapai 122 orang per 100 ribu populasi. Angka tersebut nyatanya lebih tinggi dibanding kematian yang disebabkan oleh penyakit lainnya seperti stroke, TBC, atau diabetes.

Hal lain yang wajib diketahui, selama ini banyak orang yang masih beranggapan kalau penyakit jantung hanya banyak menyerang atau diderita oleh kelompok orang lanjut usia. Padahal, seiring berjalannya waktu penyakit jantung justru juga banyak dialami oleh mereka yang masih ada di kisaran usia muda.

Apa sebenarnya faktor utama yang jadi penyebab penyakit jantung?

Sebenarnya ada banyak hal yang mendasari seseorang bisa menderita penyakit jantung. Sebelum membahas mengenai faktor yang disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat atau kesalahan lainnya, tak dimungkiri kalau penyakit jantung juga bisa muncul sebagai penyakit turunan atau bawaan yang diderita orang tua atau riwayat keluarga lainnya.

Baca juga : Hari Agraria dan Tata Ruang Tingkatkan Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional

Sedangkan dari segi gaya hidup, penyakit jantung berdasarkan jenisnya dapat disebabkan dari berbagai faktor. Sebagai contoh, penyakit jantung koroner yang merupakan penyempitan pembuluh darah dapat terjadi karena gaya hidup tidak sehat seperti sering mengkonsumsin makanan tinggi karbohidrat atau lemak, obesitas, jarang melakukan aktivitas fisik, serta kebiasaan merokok.

Ada juga jenis penyakit jantung lainnya yaitu Aritmia, yang merupakan suatu gangguan irama jantung yang menyebabkan denyut jantung tidak normal dapat disebabkan karena otot jantung yang mati karena penyakit jantung koroner, konsumsi alkohol atau kafein yang berlebihan, stres, atau efek samping obat tertentu.

Baca juga : 7 Manfaat Utama dari Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara mencegah penyakit jantung

Jika penyakit jantung yang diderita adalah penyakit bawaan, sebenarnya belum ditemukan upaya pencegahan efektif yang bisa dilakukan sampai saat ini. Tapi setidaknya, berbagai gejala dari masalah kesehatan satu ini dapat diminimalisir kemunculannya lewat berbagai cara salah satunya pola hidup sehat.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung yang dilansir dari Halodoc:

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat, rendah gula, dan rendah lemak.
  • Menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari paparan asap rokok.
  • Memeriksa tekanan darah, gula darah, dan kolesterol secara berkala.
  • Melakukan latihan fisik, seperti jogging, bersepeda, dan berenang, setidaknya 30 menit setiap hari.

Itu dia sedikit informasi mengenai penyakit jantung mulai dari penyebab hingga pencegahan yang bisa dilakukan. Semoga dapat memberikan sedikit pemahaman untuk selalu menjalani pola hidup sehat dan terhindar dari penyakit mematikan ini ya. Selamat Hari Jantung Sedunia![Red]