Ikan yang Mengandung Kolesterol Jahat: Ada yang Sering Dimakan – CNN Indonesia
By: Date: 19 Agustus 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia

Ikan disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang sehat. Namun apakah ada ikan yang mengandung kolesterol jahat?

Ikan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu. Namun bagaimana dengan lemak dan kolesterol dalam ikan?

Mengutip Livestrong, jika dibandingkan dengan daging, ikan mengandung kolesterol yang relatif lebih rendah. Kerang adalah ikan berkolesterol tinggi, tetapi makanan ini pun dapat diolah menjadi makanan sehat.


Meskipun ada beberapa ikan yang mengandung kolesterol jahat, namun melewatkan ikan karena takut kolesterol bisa merugikan Anda.

Kebanyakan ikan rendah kolesterol dan merupakan sumber sehat dari beberapa asam lemak esensial yang dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, yang mengurangi tekanan darah dan memperlambat pengendapan plak di dinding arteri Anda, menurut American Heart Association.

Kerang seperti remis, kepiting, lobster, udang, dan tiram merupakan makanan laut dengan kolesterol tertinggi. Satu porsi 15 udang besar mengandung 166 miligram kolesterol. Empat atau lima kerang kukus mengandung 48 miligram kolesterol. Anda akan mendapatkan 80 miligram kolesterol dalam 3 ons kepiting, dan jumlah lobster yang sama mengandung 61 miligram.

Mengutip Medical News Today, ikan berlemak dan tanpa lemak sama-sama rendah lemak jenuh, menjadikannya tambahan yang sehat untuk diet.Ini berarti orang yang mencoba menurunkan kadar kolesterolnya tidak perlu menghindari jenis ikan tertentu.

Ikan dan makanan laut juga mengandung asam lemak omega 3, yang bersifat anti-inflamasi dan memiliki banyak efek kesehatan yang bermanfaat, termasuk: mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Daripada fokus pada ikan yang mengandung kolesterol jahat, lebih baik berpikir mana ikan yang paling baik untuk kolesterol tinggi?

1. Ikan Salmon (per 100 gram)

Ilustrasi Salmon teriyakiFoto: 916237/Pixabay
Ilustrasi Salmon

* Kalori: 206
* Protein: 22,1 g
* Lemak jenuh: 2,4 g
* Kolesterol: 63 miligram (mg)
Cara sehat untuk memasak salmon termasuk merebus, memanggang, dan memanggang dalam oven dengan kertas timah.Untuk menjaga lemak jenuh seminimal mungkin, hindari menggunakan mentega dan sebagai gantinya gunakan minyak zaitun dan perasa seperti jeruk, bawang putih, dan kecap.Untuk rasa ekstra, coba tambahkan rempah segar seperti peterseli, kemangi, atau ketumbar.

2. Trout (per 100 gram)

* Kalori: 168
* Protein: 23,8 g
* Lemak jenuh: 1,65 g
* Kolesterol: 70 mg

Untuk menjaga lemak jenuh seminimal mungkin, cobalah memanggang atau memanggang ikan trout atau merebusnya dalam wajan dengan sayuran dan kaldu aromatik.Atau, coba gunakan ikan trout dalam salad.

Ikan yang mengandung kolesterol jahat: 

1. Ikan Sarden

Canned fish in tomato sauce on plateFoto: iStockphoto/Amarita
ikan sarden

Per 100 g (kalengan dalam minyak)
* Kalori: 208
* Protein: 24,6 g
* Lemak jenuh: 1,53 g
* Kolesterol: 142 mg

Pilih sarden segar kalengan dalam minyak atau saus tomat untuk pilihan rendah lemak.Untuk makan siang yang cepat, roti gandum utuh dengan sarden dalam saus tomat dan menemani ini dengan salad hijau.

Jika menggunakan sarden segar, cobalah mengasinkannya selama 30 menit dalam bawang putih cincang, minyak zaitun, jus lemon, dan paprika, lalu panggang atau panggang.Saat dimasak, sajikan dengan peterseli cincang dan irisan lemon.

2. Ikan Lele

ilustrasi ikan leleFoto: iStockphoto/Voren1
ilustrasi ikan lele

Mengutip fat secret, 1 ekor ikan lele berukuran kecil mengandung setidaknya 106 mg kalori. Sedangkan ukuran medium mengandung 226 mg kalori, dan ukuran besar 338 mg kalori.

3. Ikan bawal

Seorang pedagang ikan menunggu pembeli di kawasan Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa 15 November 2016. Saat ini harga jual ikan bawal naik menjadi Rp 30 ribu per kg dengan harga awal Rp 25ribu akibat dikarenakan cuaca dan gelombang air laut yang tak menentu. CNN Indonesia / Ajeng Dinar Ulfiana.Foto: CNN Indonesia/Ajeng Dinar Ulfiana
ilustrasi ikan bawal

Mengutip The Strait Times, Anda juga harus tahu bahwa kolesterol berasal dari produk hewani, bahkan ikan dan ayam. Faktanya, kolesterol pada ikan bawal lebih tinggi dari pada daging sapi. Di sisi lain, kelapa, durian, dan kentang goreng tidak mengandung kolesterol.

Fakta ini yang membuat ikan bawal jadi salah satu ikan yang mengandung kolesterol jahat.

Gif banner Allo BankFoto: Dok. Allo Bank

(chs)

[Gambas:Video CNN]