Ingin biasakan konsumsi makanan sehat? Ini caranya menurut pakar
By: Date: 30 April 2023 Categories: Uncategorized

Jakarta (ANTARA) – Memulai untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat secara rutin mungkin tampak rumit bagi kebanyakan orang, akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan dimulai dari tahapan dan langkah kecil.

“Pilihlah hanya satu jenis makanan sehat pada satu waktu sebagai langkah perkenalan pada pola makan Anda. Pastikan pula untuk menambahkan makanan sehat yang Anda sukai,” saran Lisa Young, PhD yang merupakan asisten profesor nutrisi di Universitas New York, dikutip dari USA Today disiarkan Jumat (28/4) waktu setempat.

Sementara itu, ahli diet bariatrik dari Rumah Sakit Northwestern Medicine Delnor Audra Wilson juga menyarankan dengan cara yang lebih sederhana seperti membuat camilan (snack) dari sayuran yang dicampur dengan hummus atau saus kacang, buah, dan stik keju rendah lemah sehingga protein dan lemak bisa didapatkan secara bersamaan.

Baca juga: Daftar peringkat jenis-jenis diet untuk kesehatan jantung menurut AHA

Untuk porsi makanan, Wilson menganjurkan untuk menggunakan porsi yang lebih kecil atau berhenti makan ketika sudah terasa kenyang. Saran lain termasuk tidak melewatkan sarapan dan minum lebih banyak air.

Wilson juga menganjurkan untuk makan secara perlahan sehingga memberikan waktu bagi hormon dalam memberikan sinyal pada otak ketika kenyang.

Berbelanja bahan makanan dengan daftar tertulis yang sudah direncanakan disarankan oleh Wilson. Langkah kecil ini sebagai upaya untuk menghindari pembelian yang impulsif. Selain itu, dia menyarankan untuk mengganti makanan yang tidak sehat dengan makanan rendah kalori.

“Saya menyarankan untuk tidak mencoba membuat terlalu banyak perubahan pada saat yang bersamaan,” kata Wilson.

Baca juga: Empat menu makan malam yang baik untuk kesehatan jantung

“Perubahan kecil seperti itu mungkin tidak menghasilkan efek dramatis dari pola makan.Tetapi jika berkelanjutan dan dari waktu ke waktu, hal ini akan mengarah pada kesehatan jangka panjang,” imbuh dia.

Menurut Young dan Wilson, memasak makanan sendiri di rumah lebih baik sehingga makanan cepat saji dapat dihindarkan apabila telah terbiasa. Wilson mengingatkan bahwa sebagian besar garam berlebih dan lemak jenuh pada dasarnya berasal dari makanan yang dijual di luar rumah.

Membiasakan diri untuk makan makanan sehat tidaklah terlalu sulit apabila seseorang membeli dan menyimpan bahan makanan yang lebih bervariasi, misalnya daging sapi bisa diganti dengan daging ayam atau ikan.

Baca juga: Tiga cara makan lebih banyak, namun, berat badan turun

Sementara itu, profesor epidemiologi dan ahli nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, Walter Willett, MD, menambahkan pentingnya untuk menambahkan biji-bijian dan lemak sehat saat memulai untuk membiasakan diri dengan makanan sehat.

Selain itu, tambahkan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung protein, beragam jenis ikan, unggas, susu dan telur dalam jumlah sedang. Terakhir, minimalkan asupan gula terutama gula dalam minuman, olahan tepung, dan daging merah.

“Tekankan kualitas, variasi, dan nikmatilah. Jangan membuatnya terlalu rumit,” kata Willett.

Baca juga: Dokter nilai diet mediteranian sesuai untuk orang Indonesia

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2023

https://www.antaranews.com/berita/3513633/ingin-biasakan-konsumsi-makanan-sehat-ini-caranya-menurut-pakar