Ini Jenis Olahraga yang Baik untuk Penderita Hipertensi
By: Date: 8 Mei 2021 Categories: Health

PENDERITA hipertensi atau tekanan darah tinggi tetap bisa melakukan aktivitas olaharga. Tapi disarankan memilih olahraga dengan intensitas ringan. Demikian dijelaskan dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto SpKO yang juga bagian dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO).

Ia mengatakan, sebenarnya berbagai jenis olahraga bagus untuk jantung dan tekanan darah, namun jika dipaksakan berpotensi menaikkan tekanan darah sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kematian.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Hipertensi, Dicoba Yuk 

Oleh karena itu, penderita hipertensi harus memilih jenis olahraga yang sesuai. Sebab saat tubuh bergerak, jantung akan dipaksa berdenyut lebih kuat, dan menaikkan tekanan darah. Setelah selesai olahraga, denyut nadi akan berkurang, dengan demikian tekanan darah jadi lebih terkontrol.

Bagi penderita hipertensi, jenis olahraga yang dianjurkan adalah aerobik atau disebut juga kardio (kardiorespirasi). Olahraga ini memiliki gerakan berulang-ulang, intensitas ringan, dan waktu melakukannya panjang.

Ilustrasi hipertensi.

“Jalan cepat, joging, bersepeda, berenang; itu adalah jenis-jenis olahraga yang dapat digunakan untuk membantu mengontrol atau menurunkan tekanan darah yang tinggi,” jelas dr Michael dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (8/5/2021).

Dia mengatakan bahwa untuk menentukan waktu olahraga bukan berdasarkan waktu pagi, siang, sore atau malam. Tapi yang harus diperhatikan adalah durasinya dan tidak membuat terasa terburu-buru.

Baca juga: Buat Pasien Hipertensi, Ini 6 Cara Efektif Jaga Tekanan Darah di Angka Normal 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk berolahraga 150 menit per minggu atau dipecah menjadi 30 menit sehari. Durasi ini pun bisa dibagi lagi menjadi 10 menit di pagi hari, 10 menit pada sore, dan 10 menit di malam hari.

“Tapi untuk penderita hipertensi harus dibuat penyesuaian sesuai kemampuannya. Olahraga 30 menit itu tidak lama, tapi mungkin dia tidak sanggup. Kita lihat, kemampuannya berapa lama? Misalnya 15 menit tidak apa-apa, tapi naikkan secara bertahap,” papar dr Michael.

Adblock test (Why?)