Inilah Obat Tradisional dari Hewan Penuh Khasiat Baik, Berani Coba? – Gridhealth
By: Date: 26 Juni 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

GridHEALTH.id – Zooterapi adalah pengobatan terhadap penyakit manusia yang terbuat dari hewan dan produk-produk yang dihasilkannya.

Obat tradisional dari hewan jarang dibahas dibandingkan obat tradisional dari tanaman obat, namun pemanfaatan obat tradisional dari hewan telah populer dan banyak yang mengkonsumsi karena percaya penuh dengan khasiat baik.

Keanekaragaman hewan lokal sangat mempengaruhi variasi obat tradisional dari hewan, maka dari itu setiap daerah masing-masing memiliki berbagai macam obat tradisional yang terbuat dari bahan hewan lokal sekitarnya.

Sebagian besar berasal dari hewan liar yang dibuat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, di mana untuk satu hewan bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Seperti di Amerika latin, di mana berdasarkan hasil penelitian mengenai zooterapi ini, ditemukan bahwa setidaknya 584 spesies hewan digunakan sebagai bahan dari obat tradisional, yang diresepkan secara klinis atau dijadikan sebagai bahan baku ritual upacara keagamaan.

Data terkait jenis hewan yang digunakan dalam obat tradisional Amerika Latin, antara lain mamalia dengan 130 spesies; diikuti oleh burung 122 ekor, ikan sebanyak 110 ekor, reptil dengan total 95 ekor, dan serangga sebanyak 54 ekor.

Sedangkan, inilah daftar beberapa obat tradisional dari hewan yang dimanfaatkan di berbagai wilayah Indonesia, antara lain:

1. Ayam

Banyak dari bagian anggota tubuh ayam yang dapat dimanfaatkan, seperti bagian darah untuk mengatasi kebotakan; daging untuk mempertahankan zat besi,  bagian ceker untuk nafsu makan, daya tahan tubuh, rematik, juga penguatan otot dan saraf.

Baca Juga: Cecak Kering yang Menguntungkan untuk Kesehatan dan Ekonomi

Tidak hanya bagian anggota tubuh itu saja dari ayam yang dapat dimanfaatkan menjadi obat tradisional dari hewan, melainkan bagian lainnya seperti bagian telur untuk mengatasi ejakulasi dini; empedu ayam dapat digunakan untuk penurun kadar gula; dan kulit lambung untuk menghilangkan ngompol.

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan