Jamu Asli Indonesia – Kompasiana.com – Kompasiana.com
By: Date: 27 Juni 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Jamu merupakan minuman tradisional yang berasal dari Indonesia dengan segudang manfaat kesehatan. Mendengar kata jamu mungkin yang terbayang adalah Wanita dengan menggunakan baju Jawa kemudian menggendong bakul berisi botol-botol kaca. 

Di dalam botol kaca itulah berisi Jamu yang diracik dari berbagai tanaman herbal. Melihat potensi sumber daya alam, kompetensi sumber daya manusia, dan sosial budaya yang kuat, minuman khas indonesia ini semestinya dapat mendunia. 

Faktanya, jamu masih sangat dikenal di kalangan masyarakat hingga saat ini. Bahkan, di zaman yang sudah modern ini jamu dikemas sedemikian rupa agar dapat mengikuti perkembangan zaman. 

Mengenal Jamu Tradisional Indonesia

Jamu merupakan singkatan dari dua kata Jawa Kuno, Djampi yang bermakna penyembuhan dan Oesodo yang bermakna kesehatan. Jadi, jamu dapat diartikan ramuan obat untuk kesehatan. Istilah Jamu diperkenalkan ke publik lewat orang-orang yang dipercaya punya ilmu pengobatan tradisional. 

Meski tak bersertifikat, khasiat Jamu telah teruji oleh waktu secara turun-temurun digunakan sebagai obat tradisional. Maka hingga saat ini, minuman berkhasiat khas Indonesia ini selalu terjaga keberlangsungannya. Warisan nenek moyang yang harus tetap dijaga sampai kapan pun.

Jamu dapat disajikan dengan berbagai jenis, mengingat di Indonesia memiliki tanaman herbal yang cukup banyak. Setiap daerah mempunyai jenis Jamu yang berbeda, menyesuaikan dengan tanaman herbal yang tumbuh di daerahnya. Mengolah Jamu bisa dibilang tidak terlalu rumit, kebanyakan hanya diambil sari dari perasan tumbuhan herbal. 

Ada juga dengan ditumbuk. Seringkali berbahan dasar kunyit, temulawak, lengkuas, jahe, kencur, dan kayu manis. Khusus gula jawa, gula batu, dan jeruk nipis biasanya digunakan sebagai penambah rasa segar dan rasa manis. 

Sukoharjo, Kota Jamu

Sekarang kita masuk kedalam kota yang dijuluki dengan ‘Kota Jamu’ Sukoharjo namanya. Kota Sukoharjo adalah kota yang sedang berkembang baik dari segi ekonomi maupun pariwisata. Dalam segi ekonomi Sukoharjo telah memiliki suatu kawasan yang berkembang sangat pesat dan bahkan seakan sudah membentuk kota sendiri yang disebut dengan Solo Baru. 

Dalam segi pariwisata Sukoharjo juga terus mengembangkan potensi salah satunya dengan dinobatkannya Kabupaten Sukoharjo sebagai Kota Jamu pada tahun 2015. 

Mohon tunggu…

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya

Beri Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Lihat Semua Komentar (0)

Video Pilihan