Jumlah Burung yang Lakukan Migrasi Menurun, Apa Sebabnya? – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 30 Juni 2022 Categories: Sains

KOMPAS.comBurung yang bermigrasi menurun secara global karena pengaruh aktivitas manusia.

Penelitian baru dari University of East Anglia menunjukkan, bahwa terjadi penurunan migrasi populasi burung ke wilayah-wilayah yang memiliki lebih banyak infrastruktur manusia.

Selain itu penurunan migrasi terlihat pada wilayah dengan kepadatan populasi manusia dan tingkat perburuan yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, degradasi habitat dan perubahan iklim pun tak luput berperan dalam mendorong penurunan migrasi jangka panjang.

Baca juga: Jumlah Spesies Burung Terancam Punah di Indonesia Terbanyak di Dunia

Tim berharap hasil studi ini dapat membantu menginformasikan cara terbaik untuk menargetkan upaya konservasi.

“Kita tahu bahwa burung yang bermigrasi mengalami penurunan yang lebih besar daripada spesies yang tidak bermigrasi, tetapi tidak jelas mengapa,” kata James Gilroy, peneliti dari University of East Anglia.

Dan ternyata spesies yang bermigrasi ini paling sering terkena dampak manusia.

Seperti dikutip dari Science Daily, Rabu (29/6/2022) tim peneliti setidaknya mengidentifikasi 16 ancaman yang disebabkan manusia terhadap burung yang bermigrasi.

Termasuk di dalamnya adalah infrastruktur yang terkait dengan gangguan dan tabrakan burung, konversi lahan dari habitat alami ke lahan manusia, serta perubahan iklim.

Kemajuan dalam citra satelit memungkinkan tim untuk memetakan masing-masing dari 16 ancaman di seluruh Eropa, Afrika, dan Asia Barat. Tim juga menciptakan peta tekanan perburuan skala besar pertama di seluruh wilayah.

Sebanyak 103 spesies burung yang bermigrasi dipelajari menggunakan kumpulan data skala besar, termasuk banyak spesies yang menurun dengan cepat seperti tekukur penyu dan burung Cuckoo.

Tim menghitung ‘skor ancaman’ untuk faktor-faktor seperti hilangnya habitat dan perubahan iklim, di seluruh lokasi pengembangbiakan, serta rentang non-pengembangbiakan.

Baca juga: Kenapa Burung Pelikan Bermigrasi?