Kebun Raya Cibodas Modernisasi Penunjang Protokol Kesehatan, Pengunjung Harus Sudah Divaksin – Tribun Jabar
By: Date: 16 Januari 2022 Categories: Sains

TRIBUNJABAR.ID, CIANJURKebun Raya Cibodas (KRC) Cipanas, Kabupaten Cianjur, memodernisasi alat-alat penunjang protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan bahwa Kebun Raya Cibodas merupakan tempat wisata yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

General Manager Kebun Raya Cibodas Cipanas, Kabupaten Cianjur, Marga Anggrianto, mengatakan, Kebun Raya Cibodas sudah dikenal sebagai tempat eduwisata yang memiliki protokol kesehatan yang baik.

Hal itu ditandai dengan mendapatkan sertifikasi CHSE yang ketat, dan semua karyawan terlibat aktif sebagai agen perubahan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Bagi pengunjung yang mau masuk ke Kebun Raya Cibodas kami mewajibkan harus sudah divaksin, dan menunjukkan buktinya dengan aplikasi peduli lindungi,” kata Marga, Minggu (16/1/2022) dalam rilis yang diterima Tribunjabar.id.

Marga mengatakan, pada saat menunjukkan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk tentunya harus melakukan scan barcode.

“Hal tersebut dilakukan agar memudahkan kedisiplinan dalam memonitor kesehatan pengunjung, dan menunjukkan total kapasitas yang diizinkan di dalam kawasan wisata,” katanya.

Selain itu, lanjut Marga, di are Kebun raya Cibodas pun dilakukan penambahan fasilitas protokol kesehatan yang baru, yakni alat pengecekan suhu tubuh dengan alat yang canggih 

“Kebun Raya Cibodas juga menambah perangkat bilik disinfektan bagi pengunjung. Sebelum memasuki kawasan wisata Kebun Raya agar pengunjung yang masuk dipastikan sudah steril dari virus yang terbawa dari luar sehingga pengunjung yang masuk ke kawasan sudah dapat dipastikan benar-benar sehat dan steril,” ujarnya.

Menurutnya, KRC juga dilengkapi fasilitas kesehatan yang lebih baik dibanding rata-rata fasilitas yang dimiliki oleh tempat wisata lain.