Kenali Tanda-tanda Diabetes di Mulut dan Napas Anda – Bisnis.com
By: Date: 16 Januari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus diabetes di dunia terus meningkat.

Diabetes juga diketahui sebagai komorbid yang bisa membuat penderita covid meninggal dunia.

Ini adalah salah satu penyebab utama kematian karena melibatkan semua organ tubuh.

Karena itu, manajemen diabetes sangat penting, agar tidak menyebabkan komplikasi. Karena itu, penting untuk mengidentifikasi tanda-tandanya dan segera mencari bantuan medis.

Menurut Mayo Clinic, jika kadar gula darah Anda terlalu tinggi, Anda mungkin mengalami beberapa gejala di sekitar mulut Anda.

Dr Dheeraj Kapoor, Kepala Endokrinologi, Rumah Sakit Artemis, Gurugram menjelaskan, diabetes adalah penyakit sistemik yang berarti melibatkan semua organ tubuh dan mulut jelas tidak terkecuali.

Jadi begitu kita berbicara tentang diabetes, kita berbicara tentang ginjal, saraf, dan sebagainya. Tetapi ada satu bagian tubuh yang tidak sering kita bicarakan sehubungan dengan diabetes – dan itu adalah mulut.” Orang harus memahami bahwa infeksi mulut sangat umum dan lebih sering terjadi pada penderita diabetes. “Adalah diktum bahwa jika seseorang memiliki diabetes yang terkontrol dengan baik dan tiba-tiba kontrol menjadi rusak bahkan dengan diet dan olahraga yang baik, seseorang harus memeriksa infeksi urin dan infeksi gigi dan mulut.” ujarnya dilansir dari Times of India.

Dia menambahkan, penting untuk memeriksa mulut untuk bau mulut, yang kita sebut Halitosis.

“Jika Anda menemukan bahwa kadar gulanya buruk, ada bau mulut dan jika Anda melihat beberapa infeksi di rongga mulut atau di gigi, maka seseorang harus merujuk pasien ke ahli bedah gigi.”

Ketoasidosis diabetik, ini adalah keadaan darurat diabetes akut dimana karena pembentukan keton, ada bau busuk atau bau buah yang umum pada pasien dengan ketoasidosis diabetik.

Pada pasien dengan kadar gula lebih dari 250/300, urutan busuk dapat menjadi penanda atau penunjuk yang baik terhadap ketoasidosis diabetikum. Pasien perlu mendapatkan pemeriksaan urin untuk memeriksa apakah ada keton. Diabetes ketoasidosis dan halitosis, yang kita sebut bau mulut, adalah kondisi mengkhawatirkan yang mungkin terjadi pada penderita diabetes, kata Dr Kapoor.

Diabetes jika tidak diobati dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, neuropati, dapat menyebabkan amputasi kaki dan bahkan kebutaan. Ini adalah tekanan besar pada sistem perawatan kesehatan India dan pencegahan serta diagnosis tepat waktu sangat penting.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Konten Premium Masuk / Daftar