Kenapa Selalu Ngantuk Sehabis Seks?
By: Date: 19 Februari 2021 Categories: Hidup Sehat,Kesehatan Seksual,Mengantuk,ngantuk,Seks,seks dan asmara

Kenapa selalu ngantuk sehabis seks? Khususnya wanita, pasti bertanya-tanya dalam hati, mengapa pria langsung tidur sehabis berhubungan seks? Padahal wanita lebih senang dipeluk dan bermanja-manja sehabis seks. Tapi, pria lebih memilih untuk segera tidur. Kira-kira, apa yang menyebabkan pria langsung tidur sehabis seks? Simak beberapa faktor berikut di bawah ini.

1. Seks dilakukan malam hari

Umumnya, seks dilakukan malam hari setelah semua orang sekitar terlelap. Hal itu berpengaruh terhadap metabolisme terutama ketika tubuh manusia sudah lelah. Baik wanita dan pria sama-sama mengerahkan seluruh tenaganya untuk mencapai puncak orgasme yang diinginkan. Jika Anda mengidap insomnia, melakukan seks bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tertidur.

2. Hormon prolaktin yang bikin ngantuk

Ketika pria orgasme, hormon-hormon yang terkait dengan perasaan kepuasan seksual, yaitu prolaktin, akan keluar juga saat usaha orgasme itu sendiri dicapai. Wanita sebetulnya juga memiliki hormon prolaktin, tapi tidak sebanyak pria. Maka itu tidak heran jika pria sering ngantuk sehabis seks karena daya dan gaya yang dikeluarkan bersamaan dengan naiknya hormon prolaktin tersebut.

3. Hormon oksitosin dan vasopresin yang membuat rileks

Banyak orang cenderung menahan dan mengatur napas agar seirama dengan hentakan saat penetrasi atau menyesuaikan gaya bercinta masing-masing. Nyatanya, hormon oksitosin dan vasopresin memengaruhi pembuluh darah agar mengalirkan darah lebih cepat, tentunya mengarah kepada kelamin masing-masing. Hormon tersebut keluar terlepas setelah kembali teraturnya napas seperti sedia kala, maka rasa ngantuk dan rileks pun terjadi.

4. Seperti latihan fisik bagi pria

Sebuah penelitian menjelaskan, hubungan seksual bila dibandingkan dengan wanita, pria umumnya lebih mengerahkan tenaga lebih saat berhubungan. Memang tidak selalu, namun biasanya pria yang lebih banyak “beraksi” dibanding wanita. Untuk mencapai kepuasan orgasme tersebut, tidak jarang lelahnya sebanding dengan latihan fisik. Umumnya orang yang baru selesai melakukan latihan fisik, akan merasakan lelah dan ngantuk luar biasa.

Bagaimana biar tidak ngantuk sehabis seks?

Jika pikiran Anda tidak menginginkan ngantuk sehabis seks, tetapi tubuh Anda berkata lain, ada beberapa cara yang dapat dilakukan mengatasi ngantuk sehabis seks:

1. Tetap sentuh dan bangkitkan hasrat satu sama lain

Khususnya wanita, yang sering ditinggalkan tidur oleh pria sehabis seks, Anda bisa tetap meraba atau menyentuh pasangan. Dengan meraba atau menyentuh tubuh pasangan, rangsangan tersebut akan menjadikan lawan main Anda tetap terjaga dan bahkan Anda bisa melakukan seks yang belum terpuaskan kembali.

2. Mandi bersama

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda dan pasangan yang masih menginginkan keromantisan selain di ranjang. Anda dan pasangan bisa saling membersihkan tubuh bersama dengan membasuh satu sama lain yang mungkin akan membuat malam Anda semakin panjang dan menyenangkan.

3. Makan atau ngopi bersama

Jika aktivitas seks dilakukan berdekatan dengan waktu subuh atau bekerja, Anda bisa mengakalinya dengan minum kopi atau makan camilan sehabis seks. Minum kopi meningkatkan daya stimulan otak dan zat kafeinnya agar tetap terjaga. Tujuannya tetap untuk menghabiskan waktu bersama-sama walau puncak asmara telah lewat.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?

general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Let’s block ads! (Why?)