Ki Joko Bodo Meninggal, Ini Jejak Riwayat Medis sang Pria Nyentrik – detikJabar
By: Date: 22 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,healthy tips,Info Sehat,Informasi Kesehatan,kesehatan,Kesehatan Umum,Tips Sehat

Bandung

Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022). Pria bernama asli Agung Yulianto itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 57 tahun.

“Iya betul. Meninggalnya sekitar jam 09.57 WIB,” kata putri Ki Joko Bodo Ayda Prasasti sambil menangis saat dihubungi melalui telepon seperti dikutip dari detikHot, Selasa (22/11/2022).

Sebelum meninggal, Ki Joko Bodo diketahui mengalami sakit sejak 2020 lalu. Dua kakinya mengalami pembengkakan dan membuatnya susa berjalan.



“Ini sudah lebih dari satu bulan. Dua-duanya bengkak. Kita kan orang meditasi sering,” ucap Ki Joko Bodo saat melakoni wawancara pada Desember 2020.

Saat itu Ki Joko Bodo mengaku pernah divonis usianya tinggal 6 tahun lagi. Akan tetapi, Ki Joko Bodo tak pernah membeberkan penyakitnya.

“Aku pernah masuk rumah sakit Pelabuhan Priok. Divonis dokter umurku hanya 6 tahun lagi. Tapi, nyatanya…. Aku tidak percaya orang, aku percaya Tuhan,” ungkapnya kala itu.

Ki Joko Bodo juga menceritakan penyebab kakinya bengkak. Ki Joko Bodo menggunakan tongkat untuk berjalan.

“Ya sakit enggak nggak ya, anggap aja begitu. Nggak jatuh dari kamar mandi siapa yang bilang dari kamar mandi, ini jatuh dari sini ajah (bale rumahnya) dalam beberapa detik ya tiba tiba ya seperti ini,” kata Ki Joko Bodo.

Penampilan Ki Joko Bodo di film.Penampilan Ki Joko Bodo di film. Foto: Dok. Ist

Ki Joko Bodo memilih melakukan pengobatan alternatif. Ki Joko Bodo mengaku semakin merasa dekat dengan Tuhan setelah bertobat. Dia mengatakan manusia itu semakin tua.

“Ya memetik pelajaran Allah itu Maha Kuasa. Dalam artian makin lama hidup manusia makin lama makin tua contohnya ini kulit makin mengeriput. Gigi semakin ompong rambut semakin memutih. Aku merasakan tanda tanda alami itu aku sampai menangis sendiri,” tuturnya.

Anak Ki Joko Bodo, Ayda Prasasti pada 22 Agustus 2022 mengabarkan kondisi sang ayah. Ayda mengatakan sang ayah sudah baik-baik saja dan kembali bisa berjalan.

“Sebenarnya nggak selebay itu. Saat itu emang sakit dan nggak bisa jalan. Tapi sekarang udah bisa jalan lagi, jadi yaudah,” cerita Ayda Prasasti.

Ayda merasa sang ayah memang semakin tua dan itu hal yang wajar. Ayda senang ayahnya bertobat dan berharap bisa semakin diterima.

Ki Joko Bodo meninggal dunia hari ini. Ayda Prasasti sambil menangis membenarkan kabar tersebut.

Dikenal sebagai paranormal, Ki Joko Bodo sudah tobat dan berusaha menjadi semakin baik.

Cerita Ki Joko Bodo tobat terdengar sejak 2014. Saat itu tengah heboh kasus Ustaz Guntur Bumi. Ki Joko Bodo kala itu dia menegaskan tobatnya terjadi karena mendapat hidayah melihat Kabah.

Pria bernama lengkap Agung Yulianto itu mengaku sudah empat kali naik haji dan selalu menangis saat melihat Ka’bah.

Artikel ini telah tayang di detikHot dengan judul Riwayat Sakit Ki Joko Bodo Sempat Alami Pembengkakan Kaki

Simak Video ‘Anak Ceritakan Kronologi Ki Joko Bodo Meninggal Dunia’:

[Gambas:Video 20detik]

(yum/yum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *