Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat dan Cara Pengolahannya, Perlu Diketahui | merdeka.com – Merdeka.com
By: Date: 22 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,healthy tips,Info Sehat,Informasi Kesehatan,kesehatan,Kesehatan Umum,Tips Sehat

Merdeka.com – Manfaat daun salam untuk asam urat didapatkan dari kandungannya. Bukan hanya memberikan cita rasa dan aroma yang nikmat pada hidangan, ternyata daun salam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Diketahui, daun salam memiliki kandungan minyak atsiri serta beberapa jenis senyawa antioksidan. Berguna untuk melawan berbagai serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

taboola mid article

Selain itu, daun salam juga diketahui memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi penyakit asam urat. Dikatakan bahwa daun salam dapat membantu mengelola gejala asam urat dengan baik. Tak heran, jika konsumsi daun salam banyak direkomendasikan bagi penderita asam urat.

Selain manfaat daun salam untuk asam urat, terdapat berbagai khasiat kesehatan lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi daun salam.

Dari beragam sumber berikut kami merangkum manfaat daun salam untuk asam urat dan berbagai manfaat lainnya, perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat

Daun salam memiliki kandungan tertentu yang dapat memberikan khasiat untuk penyakit asam urat. Manfaat daun salam untuk asam urat ini didapat dari senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin. Tiga senyawa aktif ini dikatakan mampu menurunkan kadar asam urat dengan efektif.

Meskipun begitu, para ahli masih belum menemukan penelitian yang jelas membuktikan bahwa daun salam dapat mengobati atau menyembuhkan penyakit asam urat. Sejauh ini, daun salam hanya efektif digunakan sebagai pengobatan pendamping, sehingga pasien asam urat perlu mengonsumsi obat dari dokter dan melakukan diet rendah purin yang direkomendasikan.

Bagi Anda yang ingin mencoba konsumsi daun salam sebagai pengobatan pendukung, maka Anda bisa minum air rebusan daun salam secara rutin.

Cukup dengan merebus beberapa lembar daun salam dengan 10 gelas air, tunggu hingga mendidih dan air menyusut hingga setengah. Seduhan air daun salam ini dapat dikonsumsi rutin 2 kali sehari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan: Menurunkan Gula Darah, Mencegah Hipertensi

Menurunkan Gula Darah

Selain manfaat daun salam untuk asam urat, terdapat khasiat kesehatan lain yang bisa Anda dapatkan, yaitu menurunkan gula darah. Diketahui, daun salam memiliki kandungan antioksidan yang dapat mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan baik.

Tidak heran, jika konsumsi daun salam direkomendasikan bagi penderita diabetes tipe 2 dan penderita resistensi insulin. Berbeda dengan asam urat, untuk mendapatkan manfaat ini, daun salam yang telah diolah menjadi bubuk diseduh dengan satu sendok teh dan dikonsumsi secara rutin. Namun agar lebih aman Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun salam sebagai pengobatan alternatif.

Mencegah Hipertensi

Manfaat daun salam bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat mencegah hipertensi. Lagi-lagi, kandungan antioksidan pada daun salam berperan penting dalam hal ini. Senyawa antioksidan jenis flavonoid yang terdapat pada daun salam dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh secara efektif.

Tentu ini bisa menjadi pengobatan alternatif yang patut dicoba oleh penderita hipertensi. Dengan konsumsi secara rutin, Anda bisa mendapatkan kondisi tekanan darah yang lebih stabil dan terjaga.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan: Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain manfaat daun salam untuk asam urat, konsumsi daun salam juga berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ini didapatkan dari kandungan caffeic, yaitu senyawa organik penting yang efektif meningkatkan kesehatan jantung.

Senyawa ini bekerja dengan membantu menghilangkan kadar kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular. Kadar kolesterol yang terjaga dengan baik, tentu akan mendukung fungsi kerja jantung lebih baik dan optimal. Bukan hanya untuk penderita penyakit jantung, manfaat ini perlu didapatkan oleh siapa saja demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya tentu saja dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi air rebusan daun salam dipercaya dapat meningkatkan sistem imun lebih baik, dengan kandungan vitamin B6, B12, C, dan D yang terdapat di dalamnya.

Vitamin C pada daun salam berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu melawan efek radikal bebas dalam tubuh. Dengan daya tahan yang kuat, tentu Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Cukup ambil 10 hingga 15 daun salam segar, kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Biarkan air menyusut hingga tersisa 1 gelas, lalu minum ramuan ini secara teratur setiap hari. Minuman ini memang lebih baik dikonsumsi apa adanya, namun untuk menambah cita rasa Anda bisa mencampurnya dengan teh dan madu.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

taboola below article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *