Manfaat Kencur, Jadi Bumbu Masak sampai Obat Tradisional – Kilat.com
By: Date: 11 Januari 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Ilustrasi kencur

JAKARTA, kilat.com- Kencur merupakan tanaman tropis yang tumbuh dengan subur di berbagai pelosok daerah di Indonesia, baik sebagai tanaman yang dipelihara maupun dibudidayakan. Rempah ini menjadi populer karena khasiatnya, berikut ini adalah keunggulan dari kencur yang bisa Anda manfaatkan.

1. Penyedap Masakan

Jika hendak membeli kencur untuk memasak, maka harus diperhatikan cara memilihnya. Tentu saja kita harus memilih kencur yang segar dan berkualitas baik untuk menambah cita rasa dari masakan yang akan dibuat.

Bagaimana memilih kencur yang baik? Cirinya ambil kencur yang mulus dan tidak berbercak serta tidak ada bagian yang busuk. Jika ditekan, rasanya akan padat dan keras. Kencur yang sudah tidak segar lagi akan terlihat berkeriput serta agak lembek jika ditekan. Sebagai salah satu bumbu masak, kencur banyak dijual di pasar-pasar tradisional dan modern. Biasanya kencur yang diperjualbelikan sudah dibersihkan dari tanah dan dijual tanpa dimasukkan ke dalam plastik sehingga pembeli dapat memilihnya satu per satu dengan bebas.

Sebagai penyedap masakan, setelah dibersihkan kulit kencur dikupas dengan pisau dan setelah seluruhnya dikupas, buahnya yang empuk diiris-iris tipis, untuk kemudian dihaluskan dengan ulekan atau diblender. Terkadang untuk membuat bumbu hidangan tertentu, kita perlu memarutnya dengan parutan tradisional agar cita rasa masakan terasa lebih khas.

Baca Juga :
Tak Selalu Gambarkan Kebersihan, Ini 8 Penyebab Kulit Leher Gelap

Kencur akan digunakan seperlunya sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Kenapa? Jika terlalu banyak digunakan maka rasa masakannya akan terasa kecut dan pahit. Gunakan seperlunya agar masakan kita mendapatkan cita rasa maksimal yang istimewa.

Biasanya karena digunakan seperlunya maka akan ada sisa dari kencur yang tidak kita gunakan saat memasak. Kencur yang tersisa ini dapat disimpan dengan cara membungkusnya dengan kertas kemudian masukkan ke dalam plastik. Dengan cara seperti ini, kencur yang disimpan akan awet hingga dua minggu lamanya. Karena penggunaan kencur memang biasanya tidak terlalu banyak, maka cukup beli sedikit saja, sehingga saat digunakan, ia masih dalam kondisi segar.

2. Obat Tradisional

Ibu rumah tangga zaman dulu, umumnya tahu jika anaknya merasa tidak nyaman karena kembung, ia akan menumbuk kencur untuk kemudian dikunyah oleh anaknya. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan kencur sebagai tanaman yang bukan saja bisa memberi manfaat pada cita rasa makanan tapi juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan sehari-hari.

Di Indonesia kencur digunakan sebagai salah satu bahan jamu yang sudah sangat popular. Yaitu, jamu beras kencur yang berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh, menghilangkan masuk angin serta bisa merevitalisasi tubuh dari kelelahan. Sementara jika dicampur dengan minyak kelapa dapat digunakan untuk mengurut kaki yang keseleo atau mengencangkan urat kaki.

Baca Juga :
Mengulik Misteri Bangunan Candi di Borobudur Edupark Magelang

Manfaat kencur sebagai bahan pengobatan adalah untuk relaksasi. Ekstrak kencur bisa memberikan efek yang menenangkan lalu aromanya yang khas itu bisa dijadikan sebagai aromaterapi yang juga memberi efek sedatif yang menenangkan. Karena efeknya ini, kencur juga dipercaya sebagai tumbuhan herbal yang bisa mengurangi stres hingga depresi.

Di sisi lain, kencur setelah diolah dan dijadikan jamu beras kencur yang dicampur dengan beras, gula merah, dan asam jawa, bisa bermanfaat untuk menambah nafsu makan terutama bagi anak-anak yang susah makan. Bukan hanya sebagai herbal penambah nafsu makan, kencur pun dipercaya bisa mengobati penyakit maag serta radang lambung dengan mengonsumsinya mentah setelah diiris tipis.

Mempunyai sifat anti inflamasi, membuat kencur dapat digunakan sebagai obat anti radang dan juga anti nyeri. Jika terjadi pembengkakan, demam, rematik, sakit gigi, nyeri sendi, nyeri otot, perut, dan sakit kepala, kencur dapat digunakan dengan cara mengonsumsinya langsung atau dengan menggunakan minyak dan mengurutnya untuk kasus nyeri otot.

Jika kita mengalami batuk berdahak, campuran kencur dan garam bisa digunakan sebagai pereda dahak kita. Di sisi lain, kencur juga banyak digunakan oleh para penyanyi untuk menjaga tenggorokan dan pita suara supaya tetap sehat.

Tanaman ini juga dipercaya mampu untuk mengontrol minyak yang berlebih, menghaluskan, serta mengencangkan kulit dengan menumbuk kencur hingga halus dan mengaplikasikannya pada kulit muka atau kulit tubuh kita.

Baca Juga :
Mengenal Jenis Air Mata dan Cara Mengontrol Tangisan

Di zaman lampau kencur dikonsumsi secara langsung atau lewat jamu dan obat-obatan tradisional lainnya. Kini obat tradisional ini telah diolah dalam bentuk kapsul hingga mudah dikonsumsi. Di zaman yang modern ini, kencur telah menjadi bahan baku penting di dalam industri obat-obatan dan kencantikan yang diolah dengan teknologi canggih.