Mau Jadi Sportscaster Zaman Now? Ini Skill yang Harus Dimiliki, Termasuk Kuasai Jargon!
By: Date: 29 Mei 2023 Categories: Life

SPORTSCASTER atau komentator sepak bola merupakan seseorang yang mengomentari dan mengulas jalannya pertandingan dalam sebuah tayangan pertandingan sepak bola.

Meski profesi ini terlihat mudah dan asyik, ternyata, untuk menjadi seorang sportscaster tidak semudah yang dibayangkan lho!

Sama seperti profesi lainnya, dibutuhkan keahlian dan skill khusus untuk bisa menjadi seorang sportscaster yang handal.

Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Bung Maruf

Sportscaster alias Komentator sepak bola Senior, Maruf El Rumi menjelaskan, seorang komentator sepak bola tak hanya dituntut memiliki pemahaman dan wawasan yang luas dalam dunia sepak bola, namun juga dibutuhkan analisa yang baik.

“Kadang juga dibutuhkan kemampuan untuk menganalisa dan mengembangkan alur atau jalannya pertandingan dengan cepat. Minimal paham secara tekhnis dan detail soal taktik sebuah pertandingan,“ ujar Maruf, dalam Podcast Aksi Nyata, di YouTube Partai Perindo, Senin, (29/5/2023).

“Jadi kita tidak hanya sekedar menyampaikan, tapi kita juga bisa mengantarkan supaya pemirsa juga tahu apa yang terjadi di dalam lapangan, jadi tetap dibutuhkan dan public speaking,” lanjutnya.

Podcast Aksi Nyata Perindo

Selain itu, di era saat ini, Anda tentu sudah tidak asing dengan jargon-jargon ‘nyeleneh’ dari para komentator sepak bola di televisi.

BACA JUGA:

Menanggapi hal tersebut, Maruf menilai, meski jargon di zaman dulu tidak terlalu populer, saat ini, keberhasilan komentator sepak bola untuk menarik penonton juga didapatkan dari jargon-jargon yang mereka lontarkan.

BACA JUGA:

“Di era zaman dulu, mungkin jargon-jargon itu bisa dikatakan tidak terlalu menjadi salah satu prioritas. Sekarang kan dibutuhkan ada sebuah ikon yang kita sampai juga untuk menarik penonton supaya kembali ke layar televisi. Sehingga itu sekarang menjadi seperti sebuah kebutuhan dari sebagian yang sering kita dengar ya,” tuturnya.

“Jadi ketika mereka menonton, misalnya sambil bikin kopi, tiba-tiba ada suara jargon “JEBRET”, wah ada apa nih kata mereka, nah itu adalah juga bagian dari cara untuk menarik penonton untuk kembali ke layar televisi,” sambungnya.*

Baca Juga: INAPA 2023, Yuk Kenalan dengan Produk Transportasi Ramah Lingkungan dan Elektronik Otomotif Taiwan

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/05/29/612/2821979/mau-jadi-sportscaster-zaman-now-ini-skill-yang-harus-dimiliki-termasuk-kuasai-jargon