Mengenal Penyakit Fatty Liver dan Penyebabnya – Gaya Tempo.co
By: Date: 31 Oktober 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

TEMPO.CO, Jakarta -Hati adalah organ terbesar kedua di dalam tubuh. Salah satu penyakit hati ialah fatty liver. Apa itu fatty liver?  

Penyakit fatty liver merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh penyimpanan lemak ekstra di hati. Mengutip dari my.clevelandclinic.org, hati yang sehat mengandung sedikit lemak, namun akan menjadi masalah jika lemak mencapai 5 hingga 10 persen dari berat hati Anda.

Peradangan Hati 

Dikutip dari Healthline, terlalu banyak lemak di hati Anda dapat menyebabkan peradangan hati, yang dapat merusak hati Anda dan menciptakan jaringan parut. Dalam kasus yang parah, jaringan parut ini dapat menyebabkan gagal hati.

Baca juga : Gejala Hepatitis B yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini 

Ketika hati berlemak berkembang pada seseorang yang minum banyak alkohol, itu dikenal sebagai penyakit hati berlemak alkoholik (AFLD). Pada seseorang yang tidak minum banyak alkohol, itu dikenal sebagai penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD).

Fungsi Hati 

Hati merupakan salah satu organ penting dengan berbagai fungsi pendukung kehidupan. Adapun fungsi dari hati diantaranya:

1. Menghasilkan empedu, yang membantu pencernaan. Membuat protein untuk tubuh

2. Menyimpan besi

3. Mengubah nutrisi menjadi energi

4. Menciptakan zat yang membantu pembekuan darah (menempel untuk menyembuhkan luka)

5. Membantu Anda melawan infeksi dengan membuat faktor kekebalan dan menghilangkan bakteri dan racun (zat yang dapat membahayakan tubuh Anda) dari darah Anda 

Penyebab Penyakit Fatty Liver

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena fatty liver, diantaranya:

1. Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas 

2. Memiliki diabetes tipe 2 atau resistensi insulin

3. Memiliki sindrom metabolik (resistensi insulin, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kadar trigliserida tinggi)

4. Minum obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid dan beberapa obat kanker

5. Pecandu alkohol berat 

RINDI ARISKA

Baca : Inilah Buah-buahan yang Baik untuk Kesehatan Liver

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung.