Mengenal Sumber Energi Panas Terbesar di Bumi Sumber energi panas terbesar di bumi adalah matahari. Sumber – MSN
By: Date: 31 Juli 2021 Categories: Sains


Ilustrasi matahari. sumber energi panas terbesar di bumi adalah, sumber energi panas terbesar adalah, sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah.

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi matahari. sumber energi panas terbesar di bumi adalah, sumber energi panas terbesar adalah, sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sumber energi panas terbesar di bumi adalah saat ini matahari. Tak hanya di bumi saja, di Galaksi Bimakasakti, matahari juga merupakan sumber energi panas terbesar.

Energi panas matahari sendiri sangat berperan penting untuk kehidupan makhluk hidup. Panas matahari berfungsi sebagai fotosintesis tumbuhan, hingga proses penguapan untuk siklus hujan.

Dikutip dari DNR, sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah matahari. Manusia juga memanfaatkan panasnya untuk berbagai keperluan, seperti pembangkit listrik.

Selain itu, matahari dikenal sebagai salah satu sumber pembentukan vitamin D di dalam tubuh. vitamin D adalah sumber nutrisi yang baik bagi kulit manusia.

Baca juga: Pengertian Sumber Daya Alam, Jenis, dan Contohnya

Cahaya matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet (UV) yang diproses tubuh menjadi vitamin D. Vitamin ini mempunyai manfaat untuk daya tahan serta meningkatkan metabolisme kalsium di tubuh.

Selain dari matahari, sumber energi panas terbesar di bumi adalah panas bumi atau geothermal. Panas bumi adalah energi panas yang dikeluarkan dari inti bumi.

Panas Bumi tersebut bisa keluar ke permukaan bumi dalam wujud sumber air panas, magma, kawah vulkanis, dan geyser.

Dalam pembangkit listrik, panas bumi digunakan sebagai penggerak generator untuk pembangkit listrik. Sumber energi panas bumi juga tidak akan pernah habis dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi.

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui dan Contoh-contohnya