Mudah Ditemukan! 9 Obat Flu Alami Ini Bisa Dicoba di Rumah – beritajatim | Portal Berita Jawa Timur
By: Date: 28 November 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Surabaya (beritajatim.com) – Saat musim hujan tiba, biasanya ada beberapa orang yang mengalami sakit flu. Namun, tak semua orang ingin meminum obat berbahan kimia.

Untuk mengatasinya, beberapa orang lebih memilih menggunakan obat flu alami yang mudah ditemukan untuk meredakan gejala flu. Adapun gejala flu yang biasa terjadi adalah pilek, batuk, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan sebagainya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 9 obat flu alami yang bisa dicoba dan mudah ditemukan :

1. Madu

Madu bisa menjadi salah satu alternatif obat flu alami. Peneliti dari Oxford University menemukan, madu dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) lebih baik daripada beberapa obat flu dan antibiotik, terutama karena sebagian besar infeksi ini karena virus sehingga tidak dapat diobati oleh antibiotik.

2. Sup ayam

Salah satu obat flu alami yang bisa dicoba adalah sup ayam. Ilmu pengetahuan modern memberikan reputasi bahwa sup ayam membantu meredakan hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan.

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa sup ayam dapat menghambat penumpukan neutrofil, sel darah putih yang memicu respons peradangan tubuh dan berkontribusi pada rasa sakit dan nyeri yang menyertai pilek dan flu. Selain itu, cairan panas dan uap dari sup dapat membuka saluran udara yang bengkak dan mengencerkan lendir.

3. Menghirup uap air hangat

Menghirup uap air hangat juga bisa menjadi obat flu alami yang membantu melonggarkan lendir. Uap air hangat dapat membuat pembuluh darah di wajah dan hidung melonggarkan sumbatan lendir sehingga meredakan pilek.

4. Minyak essential dan humidifier

FDA mengungkapkan bahwa humidifier atau alat pelembab udara dapat membantu mengecilkan pembengkakan di saluran hidung. Hal ini juga memungkinkan mempermudah pernapasan. Selain itu, udara yang lembap dapat menghambat virus flu untuk bertahan hidup dan berkembang biak dalam tubuh.

5. Mandi air hangat

Seperti menghirup uap air hangat, mandi air hangat juga bisa sebagai alternatif obat flu alami. Sebab, mandi air hangat membantu melonggarkan lendir dan membersihkan saluran hidung tersumbat karena pilek.

6. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu alternatif obat batuk alami. Adapun cara mengobati flu dengan air garam yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Kemudian,air tersebut digunakan untuk berkumur hingga di bagian belakang tenggorokan dan dikeluarkan. Ulangi beberapa kali sehari.

7. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu obat flu alami yang bisa dicoba. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek antivirus yang dapat mencegah flu atau pilek, serta mempercepat penyembuhan penyakit.

Kandungan minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas bawang putih) juga dipercaya ampuh untuk melawan pilek dan flu.

8. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu. Beberapa buah yang kaya akan vitamin C yaitu jeruk nipis, jeruk, grapefruit, lemon dan lain – lain.

Selain mengonsumsi buah secara langsung, buah yang kaya akan vitamin C juga bisa dicampurkan ke dalam minuman. Misalnya seperti air perasan lemon ke teh hangat atau meminum jus lemon hangat untuk meredakan gejala flu.

9. Teh Hijau

Teh hijau banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk menangkal berbagai penyakit, termasuk flu. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh hijau memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap infeksi flu.

Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan membantu tubuh melawan infeksi. Studi lain juga mengungkapkan bahwa teh hijau meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme. (nap)