Multiguna, ini 7 kegunaan garam dapur untuk membersihkan barang-barang di rumah.
By: Date: 20 Juli 2020 Categories: Uncategorized

Reporter: Tiyas Widya Septiana | Editor: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Keberadaan garam dapur sudah sangat esensial di kehidupan manusia. Hal yang paling penting dari garam dapur adalah untuk melezatkan masakan, tetapi ada banyak kegunaan lain dari bumbu dapur ini. Membersihkan peralatan rumah terutama dapur sering menjadi pekerjaan yang melelahkan, terutama noda-noda yang membandel. Untuk memudahkan bersih-bersih Anda, garam dapur bisa menjadi bahan pembersih yang ampuh. 

Zat yang terkandung dalam garam dapur bisa membersihkan beberapa noda membandel di peralatan makan hingga perabotan kebun Anda. Apa saja perabotan yang bisa dibersihkan dengan garam dapur? Berikut beberapa kegunaan garam dapur untuk membersihkan berbagai barang di rumah Anda, dilansir dari DIY Network.

  • Membersihkan noda kopi

Semakin sering dipakai untuk menyajikan kopi atau teh, akan semakin tebal noda jenis minuman tersebut di dalam cangkir. Noda kopi yang sudah terlanjur membekas lama di cangkir sering kali susah untuk dihilangkan. Bahkan meskipun sudah dicuci berulang kali, noda kopi tersebut masih saja membandel. Untuk membersihkan noda teh dan kpi, Anda bisa menggunakan pasta garam yang bisa dibuat sendiri. Campurkan garam dengan sabun cuci piring cair hingga membentuk pasta. Gunakan kain bekas untuk meratakan pasta garam ke noda kopi di cangkir. Gosok-gosok berlahan hingga noda menghilang. Jika sudah bersih, bilas dengan air mengalir. 

  • Sumbatan di saluran air

Sisa-sisa sabun hingga rambut yang kotor jika tidak segera dibersihkan bisa menyumbat saluran air di kamar mandi. Untuk membersihkannya, campurkan garam dapur, cuka dapur, dan baking soda. Setelah tercampur, tuangkan larutan garam ke saluran air yang tersumbat sedikit demi sedikit, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu siram saluran tersebut dengan air panas.

  • Noda telur yang pecah

Saat Anda tidak sengaja menjatuhkan telur mentah di lantai, jangan langsung menggunakan kain atau kertas untuk membersihkan kuning dan putih telur. Taburkan garam dapur ke atas telur yang pecah hingga tertutup, lalu diamkan beberapa saat. Garam dapur akan menyerap telur sehingga Anda lebih mudah membersihkannya. Bau amis dari telur juga akan hilang jika dibersihkan menggunakan garam dapur.

  • Noda di kompor

Noda di kompor, terlebih yang sudah mengeras akan sulit dibersihkan. Saat memasak dan kebetulan ada percikan-percikan minyak atau kuah, segera taburi garam dapur pada percikan noda tersebut. Garam akan membuat nida tersebut tetap soft sehingga mudah untuk dibersihkan. Jika sudah dingin, lap garam dan noda dengan kain.



Let’s block ads! (Why?)