Muncul Virus Polio di Inggris, Diduga Bersumber dari Tempat Pengolahan Limbah – SuaraMalang.ID
By: Date: 23 Juni 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Ilustrasi virus Polio. [Shutterstock]

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) menyatakan limbah dari pekerjaan pengolahan limbah Beckton di Newham dinyatakan positif mengandung virus polio.

SuaraMalang.id – Muncul virus polio di wilayah Inggris. Virus itu ditemukan bersumber dari limbah yang ada di Newham.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) menyatakan limbah dari pekerjaan pengolahan limbah Beckton di Newham dinyatakan positif mengandung virus polio.

Kekinian, UKHSA menganalisis sampel limbah dari daerah setempat yang masuk ke pabrik Beckton untuk mempersempit tempat penyebaran virus. Jika tes tersebut menunjukkan pusat wabah, tim kesehatan masyarakat dapat menawarkan vaksinasi polio kepada mereka yang berisiko.

Kepala kelompok penelitian epidemiologi vaksin di Imperial College London Prof Nicholas Grassly mengatakan polio adalah penyakit yang bertahan di beberapa bagian termiskin di dunia dan Inggris cukup sering mendeteksi impor virus selama pengujian rutin limbah.

Baca Juga: Inggris Menemukan Virus Polio ‘Turunan Vaksin’ Bisa Menyebabkan Kelumpuhan

Kemunculan virus ini tentu saja langsung dinyatakan insiden nasional oleh pejabat kesehatan masyarakat setelah dilakukan pengawasan rutin air limbah di Utara dan Timur kota London.

Dilansir The Guardian, mereka menemukan bukti penularan komunitas virus polio untuk pertama kalinya setelah empat dekade.

Wabah ini diyakini dipicu oleh seseorang yang kembali ke Inggris setelah mendapatkan vaksin polio oral dan menyebarkannya secara lokal.

Tidak jelas berapa banyak virus telah menyebar, tetapi mungkin terbatas pada satu rumah tangga atau keluarga besar.

Kendati tidak ada kasus penyakit atau kelumpuhan terkait yang telah dilaporkan, dan risiko bagi masyarakat umum dianggap rendah, tetapi pejabat kesehatan masyarakat mendesak orang-orang untuk memastikan bahwa mereka dan keluarga mereka mendapatkan informasi terbaru tentang vaksinasi polio untuk mengurangi risiko bahaya.

Baca Juga: Inggris Ungkap Kembali Penemuan Virus Polio, Berpotensi Menyebar Dengan Cepat?

“Virus polio yang diturunkan dari vaksin memiliki potensi untuk menyebar, terutama di komunitas di mana penyerapan vaksin lebih rendah,” kata konsultan epidemiologi di UKHSA, Dr Vanessa Saliba mengutip dari Timesindonesia.co.id jejaring Suara.com, Kamis (23/6/2022).