Nunung Sering Batuk Berdahak Sebelum Divonis Kanker Payudara, Mesti Curiga Pada Puting Untuk Tahu Gejalanya
By: Date: 11 Mei 2023 Categories: Kanker Payudara,nunung,Puting

Suara.com – Beberapa waktu lalu Nunung membawa kabar bahwa ia mengidap kanker payudara. Sejak saat itu ia terus berjuang melawan kanker payudara yang bersarang di tubuhnya.

Terbaru, ia juga bercerita awal mula ia curiga mengidap penyakit tersebut. Nunung mengaku sering batuk berdahak batuk berdahak layaknya orang masuk angin dan sakit di sekitar dada.

“Awalnya mulanya itu aku sering batuk berdahak, sering masuk angin gitu lho. Terus sini (dada) kayak sakit, terus aku kerok,” kata Nunung dilansir dari Youtube Need A Talk, Rabu (10/5/2023).

Nunung Srimulat memperlihatkan penampilannya yang botak usai kemoterapi. [YouTube/TAULANY TV]
Nunung Srimulat memperlihatkan penampilannya yang botak usai kemoterapi. [YouTube/TAULANY TV]

Kala itu, Nunung mengira ada masalah pada jantungnya. Karena itu, pelawak kondang ini melalukan sejumlah pemeriksaan jantung untuk memastikannya.

Baca Juga: Sedih, Nunung Srimulat Cerita tentang Kanker yang Dialaminya hingga Rambutnya Botak

“Yang aku curiga itu jangan-jangan apa jantung ya. Akhirnya, aku rontgen jantung, aku periksa semuanya. Ternyata nggak ada apa-apa, jantungnya bagus dan nggak ada masalah,” ujarnya.

Belakangan ia tahu bahwa mengidap kanker payudara. Lantas, apa saja sebenarnya tanda atau gejala kanker payudara. Berikut ini seperti dikutip dari Mayo Clinic. 

  • Benjolan atau penebalan payudara yang terasa berbeda dengan jaringan di sekitarnya
  • Perubahan ukuran, bentuk atau penampilan payudara
  • Perubahan pada kulit di atas payudara, seperti lesung pipit
  • Puting yang baru terbalik
  • Pengelupasan, penskalaan, pengerasan kulit atau pengelupasan pada area berpigmen kulit di sekitar puting (areola) atau kulit payudara
  • Kemerahan atau lubang pada kulit di payudara Anda, seperti kulit jeruk

Jika Anda menemukan benjolan atau perubahan lain di payudara Anda – bahkan jika mammogram baru-baru ini normal – buatlah janji temu dengan dokter Anda untuk evaluasi segera.

https://www.suara.com/health/2023/05/11/112039/nunung-sering-batuk-berdahak-sebelum-divonis-kanker-payudara-mesti-curiga-pada-puting-untuk-tahu-gejalanya