Nutrisi dan Makanan untuk Kuku Kuat
By: Date: 21 Oktober 2020 Categories: Hidup Sehat,Kuku,kuku kuat,kuku rapuh,kuku sehat,masalah kuku,merawat kuku,Nutrisi

Untuk menciptakan kuku yang kuat, ternyata bukan hanya perlu dirawat dari luar. Kuku yang kuat akan tercipta dari berhasil atau tidaknya Anda memenuhi kebutuhan zat-zat gizi di bawah ini, lho! Kalau zat-zat gizi ini terpenuhi, Anda otomatis akan punya kuku yang kuat, sehat, dan tidak mudah patah. Jika tidak tercukupi, alias masih kurang, tentunya jangan harap lebih kalau kuku Anda akan terlihat cantik dan kuat.

Nutrisi apa yang dibutuhkan supaya punya kuku yang kuat?

Untuk memiliki kuku kuat dan tidak mudah patah, berikut nutrisi dari makanan yang perlu Anda konsumsi:

1. Kuning telur, susu dan salmon sebagai sumber vitamin B7

manfaat biotin

Biotin atau yang dikenal sebagai vitamin B7 adalah salah satu vitamin B kompleks yang sangat penting untuk menjaga kekuatan kuku. Pada dasarnya, vitamin B7 ini meningkatkan dan membantu melancarkan metabolisme asam amino untuk pembentukan protein yang diperlukan dalam regenerasi sel kuku.

Dengan asam amino yang memadai, akan terciptanya sel-sel pembentuk kuku yang kuat. Beberapa penelitian menunjukan bahwa penggunaan suplemen biotin dapat membantu memperkuat pertumbuhan kuku yang rapuh.

Biotin dapat ditemukan di bagian organ tubuh seperti hati. Selain itu, ada juga di dalam kuning telur, susu serta produk bawaannya, salmon, alpukat, ubi, kacang, biji, kembang kol.

2. Daging, hati dan makanan laut sebagai sumber zat besi

Besi adalah komponen utama sel darah merah. Sel darah merah inilah yang akan membawa oksigen ke setiap sel tubuh termasuk sel-sel kuku. Tanpa zat besi yang cukup, maka oksigen pun tidak bisa sampai dengan cukup ke sel-sel Anda. Padahal keberadaan oksigen sangat diperlukan untuk melancarkan pertumbuhan kuku yang sehat.

Jika Anda kekurangan zat besi, maka ini justru dapat menimbulkan bentuk kuku yang tidak seharusnya (kuku sendok). Tentunya, kuku tersebut juga cenderung rapuh. Maka itu, zat besi sangat diperlukan untuk kuku yang sehat dan kuat.

Anda bisa mendapatkan sumber besi dari daging merah, ati ayam atau sapi, daging unggas, makanan laut seeprti ikan, cimi-cumi, kerang, sayuran hijau seperti kangkung atau bayam, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya.

3. Gandum utuh dan sayuran hijau sebagai sumber magnesium

manfaat magnesium fungsi magnesium

Tahukah Anda seberapa penting mineral magnesium di dalam tubuh? Bukan penting lagi, lebih dari 300 reaksi kimia dalam tubuh melibatkan mineral magnesium untuk kelancaran prosesnya. Termasuk reaksi dalam sintesis protein hingga reaksi untuk pertumbuhan kuku.

Maka itu, jika Anda menginginkan kuku yang kuat, penuhi kebutuhan magnesium harian Anda.

Sumber magnesium bisa didapatkan dari gandum utuh, sayuran hijau, almond, kacang mete, acang tanah, edamame.

4. Telur, daging, tahu dan tempe untuk sumber protein

protein hewani dan protein nabati

Jika ingin kuku kuat, jangan pernah abaikan asupan protein Anda. Komponen kuku yang utama terbuat dari keratin. Keratin adalah protein pembentuk struktur didalam tubuh. Ditambah, protein juga yang melindungi kuku dari kerusakan.

Keratin yang ada pada kuku sebenarnya adalah keratin yang mati. Kuku dibentuk oleh sel-sel mati yang dikumpulkan oleh tubuh ketika sel-sel baru mulai banyak diproduksi.

Maka itu, mengonsumsi protein dalam diet Anda sangat penting untuk meningkatkan produksi keratin, dan dengan begitu, dapat segera tumbuh kuku yang kuat.

Makanan kaya protein bisa Anda temui dengan mudah di beberapa makanan berikut ini:

  • Telur
  • Ayam
  • Daging
  • Susu
  • Ikan
  • Tahu
  • Tempe
  • Kacang-kacangan

5. Kedelai, kacang mete dan kacang hitam sebagai sumber zink

kebutuhan zinc saat puasa

Zink diperlukan cukup banyak dalam reaksi tubuh Anda, termasuk untuk proses pertumbuhan.

Kuku terdiri dari sejenis sel yang tumbuh dan membelah dengan cepat. Oleh karena produksi yang cepat ini, pasokan zink yang memadai dalam tubuh sangat diperlukan untuk mendorong tumbuhnya pertumbuhan kuku yang kuat dan sehat.

Sedangkan asupan zink yang kurang akan berkontribusi menimbulkan lempeng kuku yang tidak sempurna. Sebagai contoh, muncul bintik-bintik putih, dan pasti kekuatan kuku akan menurun dari orang yang memiliki zink yang cukup.

Anda bisa mendapatkan zink dari sebagian besar protein hewan, seperti sapi, unggas, ikan, dan telur. Selain itu, Anda juga dapat menemukan zink dalam makanan nabati seperti kedelai, buncis, kacang hitam, kacang almond, kacang mete, dan biji-bijian.

6. Beragam buah dan sayur untuk sumber vitamin C

vitamin c dan zinc

Vitamin C sangatlah penting untuk memproduksi kolagen, sebuah protein yang bertugas memberi bentuk dan kekuatan untuk banyak jaringan tubuh, termasuk jaringan kuku, rambut, dan gigi.

Kekurangan zink dan vitamin C bersamaan akan membuat kondisi kuku Anda menjadi rapuh, dan pertumbuhan kuku jadi melambat.

Maka itu, kebutuhan vitamin C harian Anda harus terpenuhi agar terciptanya kuku yang sehat dan kuat.

Anda bisa menemukan vitamin C dari berbagai macam buah-buahan, misalnya jeruk, kiwi, strawberry, dan lain sebagainya. Selain buah Anda juga bisa memenuhi kebutuhan protein dari sayuran.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Let’s block ads! (Why?)