Para ilmuwan telah mengamati struktur aliran jet quasar yang lebih dalam – Manadopedia
By: Date: 24 November 2022 Categories: Sains

Quasar, atau quasar, adalah salah satu jenis lubang hitam supermasif paling terang dan paling aktif yang memakan gas di pusat galaksi yang jauh. 3C 273 adalah quasar pertama yang pernah diidentifikasi. Itu terletak di konstelasi Virgo.

Sekelompok ilmuwan internasional telah menerbitkan pengamatan baru 3C 273. Mereka mencatat bagian yang lebih dalam dan lebih dalam dari pancaran plasma yang menonjol di quasar. Termasuk juga pengamatan pesawat 3C 273 pada resolusi sudut tertinggi hingga saat ini, untuk mendapatkan data bagian terdalam pesawat, dekat Lubang hitam pusat.

Jaringan global antena radio, termasuk Global Millimeter VLBI Array (GMVA) dan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) Chili, bekerja dalam koordinasi yang erat untuk menyelesaikan penelitian perintis. Pengamatan terkoordinasi juga dilakukan dengan menggunakan High Sensitivity Array untuk memeriksa 3C 273 di berbagai bidang dan menentukan bentuk keseluruhan pesawat. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan pada tahun 2017, tepat saat pengamatan Event Horizon Telescope (EHT) dihasilkan. Gambar pertama lubang hitam.

Para ilmuwan telah mengambil pandangan pertama di wilayah aliran jet terdalam di A quasartempat terjadinya kolimasi, berkat citra pesawat 3C 273. Ilmuwan juga telah menemukan bahwa pada jarak yang sangat jauh, sudut Aliran plasma memancar dari lubang hitam semakin kencang. Bagian pesawat yang sangat sempit meluas jauh melampaui area di mana ia berada gravitasi lubang hitam tidak kedaluwarsa.

Pandangan dan data baru ini akan memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana jet quasar sejajar atau menyempit. “Hasilnya menimbulkan pertanyaan baru: Bagaimana kolimasi jet terjadi secara konsisten di berbagai sistem lubang hitam?” kata Kazunori Akiyama, ilmuwan riset di MIT Haystack Observatory. Foto: Hiroki Okino dan Kazunori Akiyama; Gambar GMVA+ALMA dan HSA: Okino et al.; Gambar HST: ESA/Hubble & NASA.

Kazunori Akiyama, seorang ilmuwan peneliti di MIT Haystack Observatory dan pemimpin proyek, berkata, “Sungguh menakjubkan melihat bentuk arus yang kuat perlahan terbentuk dalam jarak yang begitu jauh Quasar yang sangat aktif. Ini juga telah terdeteksi di dekatnya di lubang hitam supermasif yang jauh lebih lemah dan kurang energik. Hasilnya menimbulkan pertanyaan baru: Bagaimana kolimasi jet terjadi secara konsisten di berbagai sistem lubang hitam? “

Lynn Matthews, ilmuwan peneliti utama di Observatorium Hastack MIT dan ilmuwan komisioning mengatakan kepada APP, “Kemampuan menggunakan ALMA sebagai bagian dari jaringan VLBI global merupakan pengubah permainan yang lengkap untuk ilmu pengetahuan tentang lubang hitam. Ini memungkinkan kami untuk mendapatkan gambar lubang hitam supermasif yang pertama kali, dan sekarang ini membantu kami melihat untuk pertama kalinya hal baru yang menakjubkan. detail tentang bagaimana lubang hitam menggerakkan jet mereka.” .

Keiichi Asada, Associate Research Fellow di Academia Sinica, Institut Astronomi dan Astrofisika (ASIAA) di Taiwan, Dia berkataDan “Penemuan ini menyoroti kolimasi dalam jet quasar. Mata EHT yang tajam akan memungkinkan mereka menjangkau daerah serupa di jet quasar lebih jauh. Kami berharap dapat membuat kemajuan pada ‘pekerjaan rumah’ baru kami dari studi ini, yang akhirnya memungkinkan kami untuk menjawab masalah. Sudah seratus tahun tentang bagaimana pesawat bertabrakan.”

Referensi jurnal:

  1. Hiroki Okinawa dan lainnya. Kolimator jet relativistik di Quasar 3C 273. Jurnal Astrofisika. DOI 10.3847/1538-4357/ac97e5