Pasangan yang Tidur Terpisah Ternyata Ada Manfaatnya Lho
By: Date: 25 Desember 2019 Categories: Informasi Kesehatan,Kesehatan Umum,Kurang Tidur,tidur dengan pasangan
tidur-terpisah-doktersehat
Photo Source: Flickr/philandpam

Di Indonesia, istilah pisah ranjang selalu mendapatkan konotasi negatif, namun berdasarkan penelitian terbaru, disebutkan bahwa pasangan yang “pisah ranjang” atau tidur di kasur yang terpisah ternyata bisa mendapatkan keuntungan tersendiri, lho. Seperti apa sih keuntungan ini?

Manfaat Pasangan Tidur Secara Terpisah

Dalam penelitian yang dilakukan oleh dr. Neil Stanley ini, disebutkan bahwa pasangan yang tidur di kamar yang terpisah cenderung memiliki kondisi kesehatan dan hubungan yang lebih bahagia. Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek kebiasaan tidur enam pasangan.

Satu dari pasangan-pasangan tersebut memilih untuk tidur di kasur yang terpisah, namun bukan karena ketidakharmonisan atau bertengkar. Menariknya, pasangan ini justru lebih bahagia dan bisa tidur dengan jauh lebih nyenyak.

Meski menyenangkan bisa tidur dengan pasangan, hal ini ternyata bisa menyebabkan gangguan tersendiri. Sebagai contoh, ada orang yang mendengkur atau tiba-tiba saja perlu keluar kamar dan melakukan hal lain yang bisa mengganggu waktu tidur pasangannya. Hal ini tentu bisa menurunkan kualitas tidur dengan signifikan. Padahal, hal ini juga bisa mempengaruhi kebahagiaan dan suasana hati.

Dr. Stanley sendiri mengaku sudah terbiasa tidur terpisah dengan pasangannya. Tak hanya berbeda kasus, ia mengaku tidak lagi tidur seruangan dan merasa bahagia dan tetap bisa menjalin keharmonisan.

Ia menyebut sepertiga dari kasus gangguan tidur yang dialami oleh orang dewasa yang sudah menikah ternyata dipicu oleh pasangannya. Hal ini dianggap bisa menyebabkan dampak buruk bagi keharmonisan pasangan dengan signifikan.

Penelitian lain yang dilakukan di Paracelsus Medical University, Jerman, pada 2016 lalu juga mengungkap hasil yang mirip, yakni ada kaitan antara masalah tidur dengan keharmonisan pasangan. Bahkan, kurang tidur juga terkait dengan risiko perceraian yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh menurunnya empati dan kecenderungan untuk lebih sering berdebat.

“Kualitas tidur yang buruk juga berpengaruh besar bagi kinerja sehari-hari, hubungan sosial, dan risiko kecelakaan. Khusus untuk masalah kesehatan, hal ini bisa memicu peningkatan berat badan, risiko diabetes, dan depresi,” jelas dr. Stanley.

Setiap Orang Memiliki Ritme Sirkadian yang Berbeda-Beda

Dr. Stanley juga menyebut setiap orang ternyata memiliki ritme sirkadian atau jam biologis yang berbeda-beda sehingga belum tentu cocok jika harus tidur secara bersamaan di waktu yang sama. Sebagai contoh, ada seseorang yang terbiasa tidur di waktu yang lebih awal namun memiliki pasangan yang terbiasa tidur di waktu yang lebih larut.

Jika pasangan memilih untuk melakukan berbagai hal lain di dalam kamar karena belum bisa tidur, tentu akan membuat pasangannya terganggu dan rentan mengalami masalah kurang tidur.

Selain itu, jika kita sedang mengidap masalah kesehatan tertentu, maka risiko untuk menularkan penyakit ini ke pasangan juga akan meningkat. Jika kita mengalami masalah mendengkur, pasangan juga bisa mengalami masalah kurang tidur akibat terganggu dengan hal ini.

Tips Tidur Nyenyak

Hanya saja, jika kita tidak memiliki banyak kamar di dalam rumah sehingga harus selalu tidur dengan pasangan, ada baiknya mengondisikan kamar senyaman mungkin agar bisa tidur dengan nyenyak dan cukup setiap malam.

Tak hanya memastikan bahwa kamar tidur selalu berada dalam kondisi bersih dan rapi, sebaiknya kita juga mengondisikan kamar agar tidak panas dan sejuk. Caranya adalah dengan mengatur ventilasi udara agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar, menggunakan kipas angin, atau memasang AC.

Kita juga bisa membersihkan badan sebelum tidur sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga akan lebih mudah untuk mengantuk dan tidur dengan nyenyak.

Sumber:

  1. Lott, Tim. 2013. Are separate beds the key to a good night’s sleep?. theguardian.com/lifeandstyle/2013/jun/08/separate-beds-key-good-sleep. (Diakses pada 25 Desember 2019).

Let’s block ads! (Why?)