Penjelasan Ilmuwan Tentang Efek Samping Vaksin Covid-19
By: Date: 2 Mei 2021 Categories: Info Sehat
Vaksin Covid-19 tidak berbeda dengan vaksin lainnya yang memiliki efek samping.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Vaksinasi COVID-19 memiliki efek samping dan orang-orang yakin bahwa vaksin Covid-19 tidak berbeda dengan vaksin lainnya yang memiliki efek samping. Setelah orang disuntikan vaksin, mereka mengalami sakit lengan di lokasi jarum suntik masuk. Ada juga yang mengalami kelelahan, sakit kepala, demam atau mual. Ini hanyalah tanda-tanda bahwa sistem kekebalan bekerja sebagaimana mestinya.

Tetapi Wales Online telah melaporkan bahwa hal ini membuat beberapa orang bertanya-tanya. Jika itu adalah sistem kekebalan yang melakukan apa yang seharusnya dilakukan, apakah kurangnya efek samping setelah vaksinasi?

Yakinlah, itu tidak seperti itu. Uji klinis vaksin yang dilakukan oleh Pfizer menunjukkan bahwa 50 persen peserta tidak mengalami efek samping yang signifikan selama uji coba, namun 90 persen peserta mengembangkan kekebalan terhadap virus.

Dalam artikel yang dipublikasikan laman Coventry Telegraph pada Ahad (2/5) dijelaskan mengenai vaksin moderna bahwa efek samping yang umum mungkin dialami oleh satu dari sepuluh orang. Namun vaksin tersebut melindungi 95 persen dari mereka yang memakainya.

Kalkulator Antrian Vaksin Untuk Inggris
Ini dapat dijelaskan dengan mempertimbangkan cara sistem kekebalan mengembangkan kekebalan pelindung terhadap virus ketika dipicu oleh vaksin. Sebagian besar vaksin Covid-19, termasuk beberapa yang telah diotorisasi, menggunakan protein virus yang ditemukan di selubung luar virus corona, yang dikenal sebagai protein lonjakan, untuk meniru infeksi virus alami dan memulai respons kekebalan.

Cabang dari respons imun yang dikenal sebagai imunitas bawaan segera merespons terhadap protein lonjakan virus. Ia meluncurkan serangan terhadapnya dengan memulai peradangan, tanda-tanda utamanya adalah demam dan nyeri.

Jadi, respons imun bawaan yang menyebabkan efek samping umum yang dialami orang, satu atau dua hari setelah mereka menjalani suntikan.

Let’s block ads! (Why?)