Pertama Kalinya Ilmuwan Berhasil Menyaksikan Secara Real Time Ledakan Bintang – Zona Banten – Zona Banten
By: Date: 15 Januari 2022 Categories: Sains

ZONABANTEN.com – Para peneliti bintang berhasil menyaksikan sebuah ledakan bintang secara real time untuk pertama kalinya. 

Dalam penelitian itu terlihat sebuah bintang yang meledak dalam supernova yang berapi-api. Ini rupanya lebih eksplosif dari apa yang diperkirakan peneliti sebelumnya.

Menurut studi baru dalam jurnal astrofisika yang diterbitkan 6 Januari lalu, para peneliti telah menyaksikan bintang yang akan mati itu, 100 sebelum keruntuhan dahsyat ini terjadi.

Baca Juga: Sarang Ikan Terbesar DItemukan di Bawah Laut Antartika

Selama penelitian itu, para peneliti melihat bintang yang terus menerus meletus dan menghasilkan kilatan cahaya, saat gumpalan besar gas meledak keluar dari permukaan bintang.

Bintang ini merupakan raksasa merah yang diberi nama SN 2020tlf, yang jaraknya sekitar 120 juta tahun cahaya dari bumi.

Ledakan super dahsyat ini merupakan kejutan yang sangat besar bagi para peneliti. Ini karena pengamatan yang pernah dilakukan sebelumnya, tidak memperlihatkan jejak emisi yang brutal.

Baca Juga: 4 Penemuan Arkeologi yang Misterius dan Tak Terpecahkan Hingga Saat Ini

Ini adalah terobosan dalam pemahaman kami tentang apa yang dilakukan bintang masif beberapa saat sebelum mereka mati. Untuk pertama kalinya, kami menyaksikan bintang super raksasa merah meledak!” kata penulis utama studi Wynn Jacobson-Galan, seorang peneliti di University of California, Berkeley.***